dc.description.abstract | UKM memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Namun,
17.84% UKM di Jawa Barat mengalami kesulitan dalam aspek pemasaran,
sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk UKM. Perkembangan media sosial
dapat menjadi pertimbangan strategi pemasaran, salah satunya adalah social-CRM.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial yang paling
banyak digunakan, mengetahui faktor yang paling berpengaruh pada kemampuan
sosial-CRM dan mengetahui pengaruh social-CRM terhadap kinerja pemasaran
pada UKM kuliner di Kota Bogor. Jumlah sampel pada penelitian adalah 100
responden UKM Kuliner di Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan
Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh UKM kuliner
di Kota Bogor. Data media sosial dan manajemen informasi pelanggan adalah
faktor yang memengaruhi kemampuan sosial-CRM. Selain itu ada pengaruh
positif dan signifikan dari sosial-CRM terhadap kinerja pemasaran UKM kuliner
di Kota Bogor. | id |