dc.description.abstract | Buku Harian Makanku (BHM) merupakan media pendidikan gizi yang berisi catatan makanan subjek. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan pendidikan gizi menggunakan BHM dengan pengetahuan (PE) dan sikap (SI) gizi, serta praktik makan (PR) anak sekolah dasar. Penelitian berupa quasy experimental study terhadap 70 orang siswa beserta ibu, pada bulan Oktober-November 2019, di SDN 1 Gunung Batu. Intervensi BHM dilakukan setiap hari dan leaflet pedoman gizi seimbang (PGS) dilakukan sekali seminggu selama 30 hari. Data karakteristik, PE, SI, dan PR diperoleh melalui kuesioner. Data keragaman makan anak diperoleh melalui BHM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi dapat meningkatkan PE dan SI gizi subjek, serta pengetahuan gizi ibu, meskipun peningkatannya tidak signifikan. Selain itu, pendidikan gizi juga belum berdampak pada perbaikan PR dan keragaman makan subjek. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi ibu dengan PE, SI, dan PR pada subjek. Perlu pendidikan gizi secara berkelanjutan, terutama kepada Ibu. BHM dapat dijadikan instrumen untuk mengetahui kebiasaan makan anak. | id |