Penerapan Analisis Regresi Multilevel untuk Mengidentifikasi Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Capaian Siswa Bidang Matematika.
View/ Open
Date
2020Author
Cahyati, Deka Widya
Susetyo, Budi
Alamudi, Aam
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan yang bermutu sangat penting untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Akan tetapi, mutu pendidikan Indonesia masih tertinggal dengan negara lain. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan analisis untuk mengidentifikasi faktor siswa dan sekolah yang berpengaruh terhadap capaian siswa. Pada penelitian ini, faktor siswa yang dianalisis adalah kemampuan literasi keuangan serta latar belakang pendidikan orang tua. Sementara, faktor sekolah adalah skor akreditasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) yang merupakan program pemantauan pendidikan melalui survei dengan metode Multistage Probablity Sampling. Hal ini mengindikasikan bahwa data tesebut memiliki struktur data yang berjenjang. Jika struktur data tersebut diabaikan, akan menghasilkan penduga parameter yang bias pada analisis regresi linear berganda. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan analisis regresi multilevel untuk mengatasi masalah tersebut. Model koefisien acak dengan interaksi adalah model regresi multilevel terbaik pada penelitian ini. Mutu sekolah yang dijelaskan oleh skor akreditasi dan kemampuan siswa dalam literasi keuangan, seperti sikap siswa sebelum membeli barang, kemampuan dalam mengelola keuangan, dan intensitas dalam melakukan tindakan keuangan memiliki pengaruh yang nyata terhadap capaian siswa bidang matematika. Latar belakang pendidikan orang tua juga berpengaruh nyata terhadap capaian siswa. Pengaruh peubah tersebut berbeda antar sekolah yang disebabkan oleh skor akreditasi sekolah.