dc.contributor.advisor | Sarma, Mamun | |
dc.contributor.advisor | Cahyadi, Eko Ruddy | |
dc.contributor.author | Butarbutar, Sanggam C. L | |
dc.date.accessioned | 2020-07-28T01:07:43Z | |
dc.date.available | 2020-07-28T01:07:43Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103264 | |
dc.description.abstract | Pemasaran wirausaha merupakan pendekatan yang sesuai dengan usaha kecil
dan menengah yang memiliki kendala sumber daya. Praktik entrepreneurial
marketing mampu mendorong pelaku usaha untuk mencapai keberhasilan usaha.
Kemunculan internet sebagai saluran pemasaran baru memberikan pilihan kepada
pelaku usaha dalam melakukan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh entrepreneurial marketing dan internet marketing terhadap
keberhasilan usaha UKM alas kaki di Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan
menyebar kuesioner kepada 85 pelaku UKM. Penelitian ini menggunakan analisis
transformasi indeks dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan
Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelaku usaha alas kaki di
Bandung secara umum termasuk pada kelompok dengan tingkat pendidikan yang
rendah. Namun demikian, para pelaku usaha memiliki keahlian yang sangat baik
dalam memproduksi alas kaki. Karakteristik usaha alas kaki di daerah Bandung
merupakan usaha yang telah lama berdiri, usaha pokok yang menjadi sumber
pendapatan keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga pelaku usaha,
dan melakukan produksi secara manual. Berdasarkan analisis SEM dengan
pendekatan PLS, diketahui bahwa variabel laten entrepreneurial marketing
berpengaruh positif secara langsung terhadap variabel laten internet marketing dan
keberhasilan usaha. Variabel internet marketing tidak memiliki pengaruh signifikan
secara langsung terhadap laten keberhasilan usaha. Hal tersebut mengindikasikan
bahwa belum terdapat pengaruh tidak langsung entrepreneurial marketing terhadap
keberhasilan usaha melalui internet marketing pada UKM alas kaki di Bandung. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.subject.ddc | Management | id |
dc.subject.ddc | Entrepreuneurial marketing | id |
dc.subject.ddc | 2018 | id |
dc.subject.ddc | Bandung-Jawa Barat | id |
dc.title | Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Internet Marketing terhadap Keberhasilan Usaha Alas Kaki di Bandung | id |
dc.type | Thesis | id |
dc.subject.keyword | entrepreneurial marketing | id |
dc.subject.keyword | internet marketing | id |
dc.subject.keyword | keberhasilan usaha | id |
dc.subject.keyword | partial least squares (PLS) | id |
dc.subject.keyword | usaha kecil dan menengah (UKM) | id |