dc.description.abstract | CV Maja Menjangan merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi
kecap dengan merek Maja Menjangan di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini
bertujuan mengidentifikasi gambaran lingkungan bisnis kecap di Majalengka,
memperoleh gambaran konsumen kecap Maja Menjangan di Majalengka,
memberikan rekomendasi survival strategy untuk bisnis kecap Maja Menjangan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 63 orang.
Penelitian ini dilakkukan pada Maret-Juli 2019. Hasil penelitian ini
memperlihatkan bahwa pelanggan sudah memiliki preferensi dan ekspektasi
berdasarkan pengalaman mereka, walaupun differensiasi dan spesifikasi yang
ditawarkan merek merek yang ada tidak jauh berbeda. Berdasarkan hasil
formulasi menggunakan tools sketch strategy, rekomendasi survival strategy
untuk CV Maja Menjangan adalah menguatkan merek Maja Menjangan,
melakukan riset dan pengembangan, pengoptimalan internalisasi value & goals,
peninjauan pada aspek biaya dan target penjualan secara berkala, meningkatkan
saluran komunikasi, memperluas jaringan kerjasama distribusi, dan meningkatkan
afinitas pelanggan. | id |