Bisnis Fotografi Snapcash : Platform Digital.
View/Open
Date
2020Author
Hasibuan, Muhammad Asyam Dzaki
Ratnawati, Anny
Fadillah, Achmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Fotografi merupakan bagian gaya hidup masyarakat saat ini. Namun hingga
saat ini belum ada platform digital yang menawarkan jasa fotografi. Ide bisnis
Snapcash diciptakan sebagai solusi berupa platform digital yang dapat digunakan oleh
fotografer untuk mencari pekerjaan dan konsumen untuk mencari jasa fotografi.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui permasalahan konsumen, menciptakan solusi
yang tepat, dan merumuskan model bisnis yang sesuai untuk Snapcash. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan customer discovery.
Pengumpulan data dilakukan secara non probability purposive sampling. Hasil
pengujian masalah menunjukkan kesulitan fotografer dalam mendapatkan pelanggan
dan kesulitan konsumen dalam menemukan fotografer yang sesuai kriteria. Solusi yang
ditawarkan adalah aplikasi dan fitur yang ada didalamnya. Berdasarkan uji solusi yang
dilakukan, solusi yang ditawarkan diterima oleh responden sehingga menjadi solusi
bagi responden penelitian. Model bisnis Snapcash terverifikasi berdasarkan tiga aspek
yaitu kesesuaian produk dengan pasar, segmen pelanggan dan cara mencapainya, serta
cara perusahaan menghasilkan uang.
Collections
- UT - Business [462]