TRASHSURE: Mengubah Sampah Kertas menjadi Uang dan Donasi Berbasis Bisnis Sosial
Abstract
Penelitian ini didasarkan dari masalah pengelolaan sampah kertas di
Indonesia yang dapat dikelola agar bernilai ekonomis yang dikombinasikan
dengan peluang aktivitas donasi dan penggunaan internet yang memiliki tren
positif pada masyarakat Indonesia menjadi suatu peluang untuk menghubungkan
penyaluran sampah kertas yang bernilai ekonomis dalam suatu sistem berdonasi
melalui platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
permasalahan konsumen dalam penyaluran sampah kertas dan aktivitas berdonasi
sehingga terbentuk rancangan model bisnis, fitur, dan prototipe produk yang tepat
untuk menjawab permasalahan konsumen dan membentuk sistem berdonasi
dengan sampah kertas melalui digital platform. Penelitian ini menggunakan model
customer discovery dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Konsumen memiliki masalah tidak
adanya pihak penampung sampah kertas yang konsisten, fleksibel, dan mudah, (2)
Konsumen memiliki masalah banyaknya donasi yang tidak terpercaya dengan
transparansi yang terlalu sering, serta keinginan berdonasi tetapi tidak selalu
memiliki uang yang lebih, (3) Model bisnis dan prototipe produk TRASHSURE
telah terverifikasi serta bersifat problem-solution fit dan product-market fit, (4)
Sebanyak 100% konsumen potensial menyatakan akan menggunakan
TRASHSURE, dan (5) Perlunya pengembangan potensi bisnis berupa ekspansi
jenis sampah, sistem donasi, key partners yang berbasis pemberdayaan
masyarakat, dan sistem pengolahan sampah menjadi produk daur ulang.
Collections
- UT - Business [460]