Strategi Bisnis Terasku Florist Dengan Pendekatan Business Model Canvas
View/Open
Date
2019Author
Sarifah, Desita
Hermawan, Aji
Dewi, Febriantina
Metadata
Show full item recordAbstract
Terasku Florist merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang industri
kreatif florikultura yaitu sebuah jasa merangkai bunga. Terasku Florist mengalami
dinamika lingkungan usaha sehingga membutuhkan strategi bisnis yang baru
untuk menghadapi kondisi pasar yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk
memetakan dan mengevaluasi model bisnis, serta mengusulkan Bussiness Model
Canvas (BMC) perbaikan Terasku Florist. Penelitian ini menggunakan metode
BMC dan Matriks SWOT dengan menggunakan analisis deskriptif yang
menghasilkan rumusan strategi untuk merancang perbaikan model bisnis pada
Terasku Florist. Hasil rumusan strategi yang diperoleh dari Matriks SWOT ialah
strategi bisnis yang baru yaitu meningktakan teknik baru dalam membuat desain
bunga yang memiliki suatu ciri khas khusus, menjalin kerjsama dengan berbagai
pemasok untuk mencari bahan baku bunga yang berkualitas dan variasi bunga
yang beragam, menambahkan saluran penjualan baru di media online dengan
membuat suatu pemasaran yang menarik dan informatif, dan menambahkan SDM
yang kompeten. Strategi bisnis baru tersebut berdampak pada implikasi
penambahan usulan aspek baru pada setiap elemen Business Model Canvas
perbaikan.
Collections
- UT - Business [460]