Evaluasi Penggunaan dan Penerimaan Bagan Dinding dan Rapor Pertumbuhan Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bogor
View/Open
Date
2019Author
Ningtyas, Yolanda Radianti
Hardinsyah
Dewi, Mira
Metadata
Show full item recordAbstract
Metode yang digunakan untuk menentukan status gizi adalah perhitungan menurut metode standar WHO dengan menggunakan statistik z score yang cenderung sulit dilakukan oleh orang awam karena memiliki langkah perhitungan yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi penggunaan dan tingkat penerimaan bagan dinding dan rapor pertumbuhan siswa sekolah dasar sebagai media pemantauan pertumbuhan anak usia sekolah dasar di Kota Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional study dengan melibatkan 126 siswa, 126 ibu, dan 8 guru. Hasil uji nilai Kappa menunjukkan bahwa bagan PAS TB/U memiliki akurasi sebesar 95.2% (nilai kappa=0.82) dan bagan PAS BB/U memiliki akurasi sebesar 89.6% (nilai kappa=0.67). Nilai Kappa pada bagan PAS TB/U dan BB/U menunjukkan bahwa masing-masing bagan dinding memiliki kekuatan kesepakatan “sangat baik” dan “baik”. Secara keseluruhan, baik siswa, ibu, maupun guru tertarik dan dapat menerima bagan PAS dan rapor PAS dari segi penggunaan media, pemahaman materi, tulisan, gambar, dan komposisi warna.
Collections
- UT - Nutrition Science [3026]