Perencanaan Model Bisnis Toko Sentra Oleh-oleh Khas Bogor
View/ Open
Date
2019Author
Pandjaitan, Michael Christian
Hermawan, Aji
Chasanah, Alfa
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan solusi bisnis baru yang sesuai
dengan permasalahan konsumen dalam mencari oleh-oleh khas Bogor. Metode
penelitian ini menggunakan customer discovery. Berdasarkan observasi, di kota
Bogor tidak terdapat sentra oleh-oleh khas Bogor yang menjual beragam produk
dalam satu toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan
yang belum dapat memberi kepuasan bagi para konsumen. Permasalahan tersebut
berupa: (1) informasi produk masih terbatas; (2) toko masih terpencar dimanamana;
(3) aksesibilitas menuju toko susah dijangkau; (4) tempat parkir sulit
dijangkau; (5) suasana tempat toko kurang menarik; (6) kapasitas dan tempat toko
kurang mendukung; (7) suasana lingkungan sekitar kurang nyaman; dan (8)
fasilitas pendukung kurang tersedia. Solusi yang ditawarkan adalah menghadirkan
toko sentra oleh-oleh yang terpusat di satu tempat dengan menyediakan beragam
produk, dengan lokasi yang mudah dijangkau, tempat parkir yang memadai,
menghadirkan suasana tempat yang menarik, kapasitas tempat toko besar dan luas,
menghadirkan suasana lingkungan yang bersih, sejuk, dan nyaman, serta tersedia
fasilitas pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko sentra oleh-oleh
khas Bogor ini dapat diterima sebagai solusi baru dari permasalahan yang ada.
Collections
- UT - Business [319]