Penggerombolan Babyshop pada Marketplace X Menggunakan Ukuran Ketidakmiripan Gower
View/Open
Date
2019Author
Novariani, Sinta
Suhaeni, Cici
Sumertajaya, I Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan sistem jual beli online yang semakin pesat memudahkan
ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbelanja.
Marketplace adalah salah satu tempat yang biasa digunakan untuk belanja online.
Salah satu kategori yang mengalami pertumbuhan pada suatu Marketplace adalah
toko-toko yang menjual perlengkapan bayi atau lebih dikenal dengan sebutan
babyshop. Identifikasi terhadap toko-toko digital tersebut diperlukan agar
mendapat informasi toko-toko yang bereputasi baik dan menjual produk yang
lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menggerombolkan babyshop pada
marketplace X yang bereputasi baik dan menjual produk lengkap menggunakan
analisis gerombol dengan ukuran ketidakmiripan Gower. Data reputasi toko dan
kelengkapan produk memiliki tipe kategorik dan numerik (disebut data campuran).
Salah satu metode yang dapat diterapkan pada data tersebut adalah metode hirarki
dengan ukuran ketidakmiripan Gower. Hasil dari penggerombolan terhadap 300
toko didapatkan bahwa gerombol optimal yang terbentuk adalah tiga gerombol
berdasarkan rasio ������������������/������������������ terendah. Gerombol pertama berjumlah 174 toko,
gerombol kedua 124 toko, dan gerombol ketiga dua toko. Toko-toko yang
terdapat pada gerombol pertama merupakan toko-toko yang memiliki reputasi
baik dan produk yang ditawarkan lengkap. Gerombol kedua merupakan toko-toko
yang memiliki reputasi cukup baik namun produk yang ditawarkan kurang
lengkap. Toko-toko pada gerombol ketiga memiliki reputasi yang kurang baik dan
produk yang ditawarkan cukup lengkap.