dc.description.abstract | Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan salah satu tempat wisata budaya di Kota
Bandung, Jawa Barat. Saat ini, kunjungan wisatawan ke SAU cenderung fluktuatif
sehingga diperlukan strategi pengembangan bisnis. Tujuan penelitian adalah
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi pengembangan
bisnis SAU dan merekomendasikan prioritas srategi pengembangan bisnis SAU.
Data primer didapatkan dari wawancara dan observasi dan data sekunder diperoleh
dari data kunjungan yang dimiliki SAU. Analisis kuantitatif digunakan pada
matriks EFE, EFI dan QSPM. Perumusan alternatif strategi menggunakan martiks
SWOT, dan penentuan strategi menggunakan QSPM. Matriks SWOT
menghasilkan tiga alternatif strategi, dan QSPM menghasilkan prioritas strategi
utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAU dapat melakukan pengembangan
bisnis dengan tiga alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan adalah
diversifikasi produk pelatihan kebudayaan serta pengembangan produk atau jasa. | id |