JackFare: Perancangan Model Bisnis Sociopreneurship Berbasis Pemberdayaan Petani Buah Cempedak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan konsumen dan petani terhadap buah cempedak, menganalisis penilaian konsumen terhadap bisnis olahan buah cempedak, menganalisis penilaian petani terhadap pemberdayaan petani, serta merumuskan model bisnis olahan buah cempedak yang sesuai keinginan konsumen dan dapat memberdayakan petani. Penelitian ini menggunakan model customer discovery. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Permasalahan konsumen terhadap buah cempedak adalah sulit memperoleh buah cempedak, persediaan terbatas, harga mahal, sulit dinikmati setiap saat, dan belum adanya olahan buah cempedak. Permasalahan petani terhadap buah cempedak adalah musiman, harga murah, banyak buah cempedak yang terbuang sia-sia, dan akses jauh, (2) konsumen tertarik terhadap JackChips, (3) sebanyak 91% petani antusias terhadap program pemberdayaan, (4) model bisnis JackChips dengan customer segement berusia 16 hingga 35 tahun, value proposition yang ditawarkan adalah produk pionir olahan buah cempedak dengan pemberdayaan petani, channel yang digunakan offline dan online store, key metrics 250 buah terjual per hari.
Collections
- UT - Business [462]