Analisis Kepuasan dan Preferensi Santri Terhadap Lembaga Pengajaran Quran Tingkat Mahasiswa (Studi Kasus : LPQ Al Hurriyyah IPB).
View/Open
Date
2019Author
Hidayat, Luqni Maulana
Masjkur, Mohammad
Alamudi, Aam
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan preferensi
santri terhadap pelayanan yang diberikan oleh LPQ Al Hurriyyah. Hasil penelitian
diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan evaluasi untuk seluruh pengurus LPQ
Al Hurriyyah dalam perjuangan memberantas buta huruf alquran di Indonesia,
khususnya di kalangan mahasiswa IPB. Hal ini dilakukan karena mahasiswa IPB
berasal dari seluruh daerah di Indonesia dan mereka adalah calon pemimpin serta
agen perubahan untuk kemajuan bangsa dan negara. Santri yang menjadi responden
penelitian adalah santri LPQ Al Hurriyyah angkatan ke-16. Analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) atau
analisis kepentingan dan kepuasan dan Customer Satisfaction Index (CSI) atau
indeks kepuasan pelanggan. Selanjutnya dilakukan analisis konjoin untuk
mengetahui preferensi santri terhadap setiap atribut dan level yang disediakan oleh
LPQ Al Hurriyyah. Hasilnya santri sangat puas terhadap pelayanan LPQ Al
Hurriyyah secara keseluruhan. Nilai indeks kepuasannya adalah 78.01%.
Selanjutnya, stimuli yang paling disukai oleh santri adalah stimuli 14 dengan nilai
rata-rata rating 7.89. Stimuli tersebut merupakan kombinasi dari level “Area utama
Masjid Al Hurriyyah”, “Menggunakan papan tulis dan buku panduan”, “Durasi
talaqqi lebih banyak dari durasi materi”, “IPB Quranic Fair (IQF)”, dan “2 kali per
pekan”. Hasil analisis konjoin menunjukan bahwa atribut “Durasi Pembelajaran”
merupakan atribut yang paling mempengaruhi preferensi santri LPQ Al Hurriyyah.