View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Forest Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Forest Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pemasaran Kayu Rakyat di Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (16.93Mb)
      Date
      2019
      Author
      Haerudin, Didin
      Hardjanto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan hutan rakyat semakin signifikan dengan pontensi sosial, ekonomi dan ekologi yang dimilikinya. Hal ini mejadi salah satu harapan bagi pertumbuhan pendapatan negara dari sektor kehutanan. Karena keterbatasan informasi pasar yang dimiliki, petani hanya bertindak sebagai pengambil harga dan hanya mendapatkan bagian yang sedikit, sehinga petani cenderung menjadi pihak yang dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar, saluran pemasaran dan marjin serta efisiensi pemasaran pada pemasaran kayu rakyat jenis sengon, mahoni dan rimba campuran. Analisis struktur pasar dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk mengetahui jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk pasar dan diferensiasi produk. Metode kuantitatif dilakukan dengan pendekatan konsentrasi pasar yaitu dengan menggunakan indeks Herfindhal (Indeks H). Analisis saluran pemasaran dilakukan dengan metode kualitatif dengan melihat tujuan pemasaran kayu oleh pelaku pemasaran. Analisis marjin pemasaran dilakukan dengan menghitung selisih antara harga penjualan dengan harga pembelian kayu rakyat pada setiap tingkatan lembaga pemasarannya. Efisensi pemasaran dilakukan berdasarkan marjin pemsaran dan farmer’s share atau besarnya bagian yang diterima petani. Berdasarkan analisis kualitatif, struktur pasar pada pemasaran kayu rakyat pada tingkat petani adalah pasar persaingan sempurna. Sedangkan pada tingkat tengkulak, industri penggergajian dan industri pengolahan kayu adalah pasar persaingan monopolistik. Berdasarkan analisis kuantitatif struktur pasar yang terjadi adalah pasar persaingan sempurna dengan nilai indeks H pada tingkat tengkulak, industri penggergajian dan industri pengolahan secara berturut-turut adalah 0.044, 0.047, dan 0.094. Terdapat empat saluran pemasaran pada pemasaran kayu sengon, enam saluran pemasaran kayu mahoni dan dua saluran pemasaran kayu rimba campuran. Saluran yang paling efisien pada pemasaran kayu jenis sengon adalah saluran tiga. Saluran dua menjadi saluran yang paling efisien pada pemasaran kayu jenis rimba campuran. Sedangkan pada pemasaran kayu mahoni saluran yang paling efisien adalah saluran tiga. Marjin pemasaran tertinggi diperoleh industri penggergajian pada pemasaran kayu jenis sengon dan rimba campuran. Sedangkan marjin pemasaran pada pemasaran kayu jenis mahoni diperoleh industri pengolahan kayu.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101763
      Collections
      • UT - Forest Management [3097]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail