Show simple item record

dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.advisorMunandar, Jono M
dc.contributor.authorYawansyah, Veri
dc.date.accessioned2020-02-05T03:10:57Z
dc.date.available2020-02-05T03:10:57Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101662
dc.description.abstractAnalisis pekerjaan merupakan pondasi dari seluruh fungsi SDM yang membantu organisasi untuk memahami dasar pekerjaan yang harus diselesaikan. Analisis pekerjaan dikembangkan menjadi rancangan pekerjaan yang berisi informasi mengenai deskripsi dan spesifikasi pekerjaan. Pemetaan kompetensi perilaku manajerial merupakan sekumpulan kompetensi yang digabungkan untuk mencapai suatu kinerja yang sukses dalam pekerjaan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pekerjaan manajer UPR, membuat rancangan pekerjaan yang tepat bagi manajer UPR dan memetakan kompetensi perilaku manajerial di UPR. Multimethod Job Design Questionnaire (MJDQ) merupakan metode analisis pekerjaan dengan pendekatan karakteristik pekerjaan yang terdiri dari karakteristik tugas, karakteristik pengetahuan, karakteristik sosial, dan karakteristik kontekstual. Dari 32 sampel UPR Mulyorejo menunjukan bahwa karakteristik tugas manajer yang dominan adalah pada variasi tugasnya, seorang manajer harus dapat memadukan berbagai keterampilan untuk mengerjakan tugas yang berbeda di waktu yang sama, serta memiliki jangkauan yang luas, untuk karakteristik pengetahuan seorang manajer harus dapat mengelola kerumitan tugas, manajer harus mampu mengelola tugas yang cukup beragam dan tidak sederhana, untuk karakteristik sosial seorang manajer harus mendapatkan dukungan sosial dalam pekerjaannya, sehingga dapat mengembangkan pertemanan yang erat, mengenal dan bertemu orang lain dalam pekerjaannya, serta harus memiliki kepribadian yang menarik, dan ramah, untuk karakteristik konteks dalam pekerjaannya manajer tidak begitu memerlukan kebutuhan fisik yang tinggi, karena pekerjaannya lebih banyak dalam hal manjerial dibandingkan dengan pekerjaan fisik. Rancangan pekerjaan dilakukan setelah mengetahui karakteristik pekerjaan , rancangan dibuat berdasarkan tugas-tugas atau aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan format deskripsi pekerjaan dari Dessler (2010), yang terdiri atas identitas pekerjaan, ringkasan pekerjaan, tanggung jawab dan kewajiban, otoritas dari pemegang jabatan, hubungan, standar prestasi, kondisi kerja, dan spesifikasi pekerjaan. Pemetaan kompetensi perilaku manajerial di UPR dibuat berdasarkan dari dua aspek penilaian, yaitu tingkat kepentingan dan frekuensi penggunaan 14 kompetensi manajerial yang terdapat dalam generic competency model of managers dari Spencer & Spencer (1993), terdapat empat kompetensi yang perlu ditingkatkan kinerjanya yaitu kerjasama tim, mengembangkan orang lain, berfikir konseptual dan berorganisasi dan membina hubungan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcBusiness Planningid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcMalang, Jawa Timurid
dc.titleRancangan Pekerjaan dan Pemetaan Kompetensi Perilaku Manajerial di Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Budidaya Ikan Leleid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordanalisis pekerjaanid
dc.subject.keywordmanajer,id
dc.subject.keywordrancangan pekerjaanid
dc.subject.keywordUnit Pembenihan Rakyat (UPR)id
dc.subject.keywordkompetensi perilaku manajerialid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record