“CREATURE”: Makerspace SB-IPB sebagai Creative Hubs Industri Startup
View/Open
Date
2019Author
Oktotira, Nurdin
Herlina, Lien
Chasanah, Alfa
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rancangan Makerspace SB-IPB melalui metode customer development yang difokuskan pada tahapan customer discovery. Tujuan dibentuknya Makerspace SB-IPB yaitu untuk menghubungkan kebutuhan pendidikan di SB-IPB dengan dinamika ekosistem bisnis yang mengedepankan era perekonomian kreatif. Elemen kanvas model bisnis dirumuskan berdasarkan hasil pengujian masalah maupun solusi di lapangan melalui kuesioner dan prototype. Hasil yang diperoleh adalah kanvas model bisnis yang terverifikasi dan prototype dari Makerspace SB-IPB. Value proposition yang ditawarkan yaitu pelayanan utama, sertifikasi keahlian melalui workshop, creative event, pameran produk, dan premium location yang dimiliki SB-IPB, serta fasilitas pendukung yang terintegrasi dengan Makerspace. Channels yang digunakan untuk menjangkau segmen pengguna melalui customer experience, salesperson, social media, interactive website, serta pemerintah Kota Bogor. Makerspace SB-IPB diharapkan dapat menjadi ekosistem pendukung bagi mahasiswa SB-IPB dan pelaku industri kreatif di Kota Bogor dalam mendukung terjadinya inovasi dan kolaborasi dari berbagai latar belakang penggunanya.
Collections
- UT - Business [460]