Perancangan Model Bisnis Jajanan Sehat “Mashita Stick”.
Abstract
Makanan jajanan yang dikonsumsi anak sekolah masih banyak yang termasuk golongan tidak memenuhi syarat akibat penggunaan bahan berbahaya, bahan tambahan pangan berlebih, dan terkena pencemaran mikroba. Namun, ketersediaan pilihan jajanan sehat di lingkungan sekolah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang produk dan merancang model bisnis pangan jajanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan anak sekolah di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode customer development hingga tahap pengujian penjualan pada customer validation dan dilakukan dari bulan April hingga Agustus 2019. Hasil akhir penelitian adalah kanvas model bisnis yang telah terverifikasi dan produk jajanan sehat berupa camilan olahan sayur wortel dan bayam Mashita stick dengan citarasa gurih, tanpa pengawet, bahan tambahan pangan berlebih, bahan berbahaya, serta melalui proses pembuatan yang higienis. Segmen konsumen dari produk ini adalah anak sekolah dan orang tua murid yang peduli kesehatan. Saluran penjualan akhir adalah kantin sekolah, katering sekolah, kantin tempat les, dan lokasi yang sering didatangi orang tua murid.
Collections
- UT - Business [319]