Pengembangan Bisnis Jasa Kursus Make Up Artist Dengan Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Bisnis di bidang make up artist (MUA) tidak hanya menawarkan jasa tata
rias wajah, namun menawarkan jasa kursus MUA. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi business model canvas (BMC), memberikan strategi dan
mendesain perbaikan BMC yang dapat digunakan dalam mengembangkan bisnis
jasa kursus MUA di Ziamakeup. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan
kaulitatif yaitu riset deskriptif. Purposive sampling merupakan teknik penentuan
responden pada penelitian ini. Jenis data pada penelitian yaitu data primer dan
data sekunder yang diperoleh melalui wawancara. Metode analisis yang
digunakan yaitu BMC dan SWOT. Hasil peneltian menunjukkan bahwa perbaikan
BMC pada Ziamakeup adalah memperluas segmen pasar, menciptakan proposisi
nilai yang dibutuhkan pelanggan, memperluas saluran pemasaran, membangun
long term relationship, memaksimalkan aktivitas dalam sebuah kegiatan MUA,
menambahkan sumber daya manusia untuk memaksimalkan kinerja, memperluas
relasi dalam komunitas, meningkatkan arus pendapatan dengan penjualan dan
kegiatan, serta biaya kegiatan dan sumber daya manusia untuk meningkatkan
kualitas.
Collections
- UT - Business [460]