Perancangan E-commerce Fashion Muslim menggunakan Metode Design Thinking.
Abstract
Era VUCA membuat UMKM fashion muslim harus bertahan dalam
lingkungan bisnis menggunakan e-commerce. E-commerce dapat dirancang
menggunakan metode design thinking untuk mengetahui permasalahan yang
dihadapi konsumen dan UMKM fashion muslim agar e-commerce dapat bertahan
dalam era VUCA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi
karakteristik serta permasalahan pada end user dan UMKM fashion muslim
binaan Indonesia Eximbank, (2) mendapatkan model bisnis e-commerce fashion
muslim yang tepat untuk mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan
konsumen, dan (3) merancang prototype e-commerce fashion muslim yang sesuai
bagi konsumen. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype akhir e-commerce
fashion muslim yang didapatkan dari in-depth interview calon konsumen dan
UMKM fashion muslim binaan Indonesia Eximbank. Karakteristik responden
dianalisis menjadi model bisnis lean canvas. Variabel kualitas informasi dan
kualitas interaksi layanan protoype awal e-commerce fashion muslim perlu
ditingkatkan agar menghasilkan prototype yang sesuai dengan pengguna.
Collections
- UT - Business [460]