Porter’s Generic Strategies dalam Membangun Keunggulan Bersaing Wisata Sungai Rindu, Bekasi
Abstract
Pariwisata Kabupaten Bekasi sebagai bagian dari pariwisata Jawa Barat dan Indonesia kurang memiliki daya tarik. Daya tarik industri dapat dipengaruhi suatu perusahaan (objek wisata). Walaupun sebagai objek wisata baru, wisata Sungai Rindu dengan keindahan alam dan keunikannya dapat menarik banyak pengunjung dan telah diliput oleh salah satu stasiun televisi nasional. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis nilai faktor lingkungan internal dan eksternal untuk merumuskan Porter’s Generic Strategies yang tepat diterapkan oleh wisata Sungai Rindu dalam membangun keunggulan bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis nilai faktor lingkungan internal dan eksternal menggunakan pendekatan Porter’s Diamond Model dan Porter’s Five-Forces Model, kemudian dipilih Porter’s Generic Strategies yang tepat dengan menggunakan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat adalah diferensiasi dengan nilai 0.583 dan memprioritaskan faktor pengurus dan sumber daya alam.
Collections
- UT - Management [3455]