Analisis Butir Soal Metode Statistika 2018/2019 dengan Metode Item Response Theory Tiga Parameter.
View/Open
Date
2019Author
Harahap, Aulia Nathasia
Sumertajaya, I Made
Rahardiantoro, Septian
Metadata
Show full item recordAbstract
Soal Metode Statistika yang dibuat sebagai soal ujian adalah soal yang sama
untuk seluruh mahasiswa, padahal mahasiswa memiliki latar belakang program
studi yang beragam. Soal ujian yang dibuat oleh tim pembuat soal (dosen) juga
kerap kali tidak dievaluasi terlebih dahulu sehingga soal ujian terkadang terlalu sulit
atau terlalu mudah untuk dijawab oleh mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan
analisis butir soal terhadap soal ujian tersebut dengan harapan dapat mengetahui
kualitas soal ujian dan mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam
menjawab soal ujian tersebut. Analisis butir soal dapat dilakukan dengan
menggunakan item response theory (IRT) tiga parameter yang merupakan teori
pengukuran modern untuk menganalisis butir soal menggunakan model matematis
untuk menghubungkan karakteristik butir soal dengan kemampuan responden. Data
yang digunakan adalah jawaban mahasiswa untuk soal UTS Metode Statistika
semester genap tahun ajaran 2018/2019. Tahapan yang dilakukan adalah data yang
sudah diinput dilakukan penerapan IRT tiga parameter dengan melakukan
pengujian asumsi, kemudian menduga parameter karakteristik butir soal dan
kemampuan mahasiswa, serta mengevaluasi hasil parameter. Tiga parameter soal
yang diduga adalah parameter daya butir soal (�����), taraf kesukaran soal (�����), dan
tebakan semu soal (�����). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa soal yang dapat
dikategorikan soal baik hanya sekitar 45% soal tipe A01 dan 30% soal tipe A02
dari 20 soal yang diujikan, baik soal jenis benar/salah maupun pilihan ganda, dan
tingkat kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal Metode Statistika 2018/2019
dengan benar masih rendah.