View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Conservation of Forest and Ecotourism
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Forestry and Environment
      • UT - Conservation of Forest and Ecotourism
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Etnobotani, Potensi, dan Prospek Pengembangan Produk Pelawan (Tristaniopsis merguensis Griff.) melalui Brand Awareness di Pulau Bangka

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (18.95Mb)
      Date
      2019
      Author
      Silviani, Dita
      Zuhud, Ervizal A M
      Anggraeni, Elisa
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pelawan merah (Tristaniopsis merguensis Griff.) adalah tumbuhan hutan dari famili Myrtaceae dan dapat ditemukan di Bangka Belitung. Penelitian ini membahas tentang etnobotani pemanfaatan, potensi pelawan merah, dan analisis brand awareness produk pelawan, Penelitian dilakukan di wilayah pengelolaan KPHP Sigambir Kotawaringin yaitu Desa Kimak, Bangka. Metode yang digunakan untuk studi etnobotani adalah observasi lapang dan wawancara purposive sampling sebanyak 100 responden. Pendugaan potensi kelestarian pelawan menggunakan metode kombinasi jalur dan garis berpetak serta analisis vegetasi. Branding awareness menggunakan metode kuisioner dengan skala Likert 1-5 sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelawan merah dimanfaatkan antara lain batang sebagai junjung untuk budidaya lada (95 orang), madu pelawan (29 orang), jamur pelawan (57 orang), dan teh pelawan (13 orang). Potensi kelestarian pelawan merah di alam dengan jumlah anakan tertinggi pada ekosistem kebun karet dan hutan bukit sebesar 26,500 ind/ha dan ekosistem budidaya pelawan merah sebanyak 72,500 ind/ha sehingga budidaya anakan dari alam dapat dilakukan untuk mendukung strategi konservasi. Brand awareness menggunakan variabel independen yaitu pengetahuan (X1), logo (X2), desain kemasan (X3), manfaat (X4), dan harga (X5). Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel manfaat (X4) berpengaruh signifikan terhadap faktor kesadaran konsumen sebesar 0.000. Uji F menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang digunakan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran konsumen sebesar 0.004. Sehingga, penting untuk memasukkan informasi manfaat dalam kemasan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101221
      Collections
      • UT - Conservation of Forest and Ecotourism [2495]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository