View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Efisiensi dan Saluran Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Kota Sibolga

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (15.98Mb)
      Date
      2019
      Author
      Tampubolon, Calvin Natanael
      Oktariza, Wawan
      Wiyono, Eko Sri
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Cakalang merupakan salah satu komoditas yang dominan hasil tangkapannya di Kota Sibolga. Hal tersebut dikarenakan produksi ikan cakalang pada tahun 2018 mencapai 50% dari total produksi ikan di Kota Sibolga. Produksi ikan cakalang yang sangat besar di Kota Sibolga, dapat membuat suatu persaingan diantara setiap lembaga pemasaran dari segi pemasaran. Persaingan tersebut dapat mempengaruhi keuntungan dari setiap lembaga pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi saluran pemasaran, lembaga pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran yang terbentuk dalam pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, menganalisis struktur pasar dan perilaku pasar yang terbentuk pada sistem pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, dan menganalisis efisiensi pemasaran ikan cakalang pada musim puncak, paceklik dan peralihan di Kota Sibolga. Metode analisis yang akan digunakan adalah analisis lembaga dan saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dengan marjin pemasaran Rp. 1 500 per kg dan fisherman’s share 90% pada musim puncak, marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 89% pada musim peralihan, dan pada musim paceklik mempunyai marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 91%.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101028
      Collections
      • UT - Fisheries Resource Utilization [1889]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository