View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      E-Commerce Pakaian Sebagai Wadah Kreativitas Difabel dan Sarana Membangun Kesadaran Sosial.

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (26.30Mb)
      Date
      2019
      Author
      Diwantara, Dimas Gandhi Purba
      Herlina, Lien
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jumlah difabel di Indonesia mencapai 11,6 juta jiwa dengan kondisi yang rentan terhadap kemiskinan. Hal ini menjadikan isu difabel patut mendapat perhatian lebih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis, memformulasikan strategi pemasaran, dan memetakan kemungkinan dampak yang dihasilkan dengan hadirnya BLESSING. Metode yang digunakan adalah customer discovery dengan pendekatan kualitatif dan validasi dari expert judgement. Penentuan elemen-elemen model bisnis dilakukan berdasarkan hasil “uji permaslahan” dan “uji solusi” dari responden melalui survei. Hasil yang ditemukan adalah terverifikasinya model bisnis social enterprise BLESSING. Model bisnis ini menawarkan produk pakaian berteknologi NFC, dengan desain hasil karya difabel, dan dipasarkan melalui e-commerce. Strategi pemasaran ditetapkan melalui kerangka market strategy berdasarkan pendekatan Marketing Genius. Strategi pemasaran produk ini adalah: memberikan insentif pembelian, mengkampanyekan “membeli berarti berdonasi”, meluncurkan produk edisi terbatas, meng-endorse influencer, melakukan internet marketing, dan menerapkan visual story telling marketing. Pemetaan potensi dampak dilakukan dengan bantuan logic model theory of change. Potensi dampak yang dihasilkan melalui model bisnis BLESSING bagi difabel adalah: memberantas diskriminasi, meningkatkan kepedulian masyarakat, dan memberantas pradigma negatif. Sedangkan dampak bagi NGO adalah peningkatan performa.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100668
      Collections
      • UT - Business [467]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail