dc.description.abstract | Pola kehidupan masyarakat modern sekarang ini cenderung mengonsumsi
makanan atau minuman praktis. Hal ini dimanfaatkan oleh pebisnis untuk
mendirikan usaha dalam hal makanan atau minuman jadi. Salah satunya pebisnis
yang memanfaatkan peluang, mendirikan Fivetwenty Coffee, sebuah kedai kopi
yang ada di Kota Bogor. Persaingan yang sangat tinggi dalam bisnis kedai kopi,
mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung yang datang pada Fivetwenty
Coffee. Dalam analisis faktor internal, kekuatan yang dimiliki antara lain lokasi
yang sangat strategis, memiliki jenis kopi yang beragam, dan tempat yang sangat
nyaman. Sedangkan kelemahan yang dimiliki adalah lahan parkir yang tidak luas
dan teknik penyajian kurang bervariasi. Hasil analisis faktor eksternal, peluang
yang dimiliki antara lain pasar masih tumbuh dan terbuka lebar, perkembangan
teknologi produksi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Sedangkan untuk ancaman yang dimiliki antara lain persaingan yang sangat tinggi
dan harga bahan baku yang cenderung meningkat. Alternatif strategi yang didapat
untuk mengatasi kecenderungan penurunan jumlah pengunjung berdasarkan
analisis SWOT antara lain melakukan penetrasi pasar, melakukan pengembangan
saluran pemasaran, melakukan pengembangan pasar, dan mencari supplier baru. | id |