Show simple item record

dc.contributor.advisorNurmalina, Rita
dc.contributor.advisorSuharno
dc.contributor.authorMashari, Samsul
dc.date.accessioned2019-11-25T04:21:30Z
dc.date.available2019-11-25T04:21:30Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100122
dc.description.abstractUdang menjadi salah satu komoditi ekspor bernilai tinggi yang mendominasi lebih dari 40 persen hasil perikanan Indonesia. Sebagai komoditi unggulan perikanan, udang diklasifikasikan atas udang beku dan udang olahan dengan nilai dan volume ekspor yang cenderung berfluktuasi dari waktu ke waktu. Perubahan volume dan nilai ekspor tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Persaingan antar negara pesaing eksportir utama udang dunia dalam perdagangan bebas juga mendorong ketatnya persaingan dalam mengekspor udang. Negara yang memiliki daya saing ekspor produk yang kuat akan mampu menguasai dan meningkatkan pangsa pasar udang dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis daya saing dan dinamika posisi ekspor produk udang beku dan udang olahan Indonesia di pasar internasional, 2) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor udang beku dan udang olahan Indonesia di negara tujuan ekspor utama, dan 3) menganalisis potensi pasar negara tujuan ekspor udang beku dan udang olahan Indonesia pada masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis tingkat daya saing udang Indonesia dan pesaingnya di pasar internasional, Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA) untuk menanalisis posisi daya saing udang Indonesia seiring perubahan waktu, dan Model Gravity untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi besar kecilnya volume ekspor udang Indonesia, serta pendekatan Potensi Perdagangan untuk menganalisis potensi pedagangan udang Indonesia pada masa yang akan datang. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data panel, penggabungan antara data time series dan cross section. Data yang dianalisis berupa nilai dan volume ekspor negara importir utama dunia produk udang beku (HS 030613) dan produk udang olahan (HS) 160520 dari tahun 2007-2017. Hasil penelitian berdasarkan pendekatan Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukkan bahwa udang beku dan udang olahan Indonesia memiliki daya saing di pasar internasional. Berdasarakan analisis menggunakan DRCA, daya saing udang beku Indonesia selama kurun waktu 2007-2017 cenderung meningkat di Amerika Serikat, Jepang, Inggris, dan Kanada. Sementara daya saing udang beku Indonesia cenderung menurun di beberapa negara meliputi Belgia, China, Vietnam, Hongkong, Perancis, dan Belanda. Daya saing udang olahan Indonesia selama kurun waktu 2007-2017 cenderung mengalami peningkatan di beberapa negara meliputi Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Inggris, Jerman, Thailand, dan China. Di sisi lain, daya saing udang olahan Indonesia di Belgia, Perancis, dan Kanada cenderung mengalami penurunan. Faktor-faktor yang signifikan memengaruhi volume ekspor udang beku dan udang olahan Indonesia adalah GDP rill perkapita Indonesia, GDP rill perkapita negara tujuan, nilai tukar, populasi negara tujuan, kualitas infrastruktur negara tujuan, dan RCA udang Indonesia di negara tujuan. Sedangkan jarak ekonomi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume ekspor udang beku dan udang olahan Indonesia. Pada masa mendatang, Indonesia masih memiliki potensi untuk melakukan ekspansi perdagangan baik untuk produk udang beku maupun udang olahan di semua negara mitra dagang utama. Negara yang paling berpotensi bagi Indonesia untuk melakukan ekspansi perdagangan produk udang beku adalah China, Amerika Serikat, dan Jepang. Sementara negara yang paling berpotensi bagi Indonesia untuk melakukan ekspansi perdagangan produk udang olahan yaitu Belanda, China, dan Kanada.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.subject.ddcCompetitivenessid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcIndonesiaid
dc.titleAnalisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Udang Beku dan Udang Olahan Indonesia di Pasar Internasionalid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordDaya saingid
dc.subject.keywordmodel gravityid
dc.subject.keywordRCA dinamisid
dc.subject.keywordpotensi perdaganganid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record