Pengaruh Kesadaran Materi Pendidikan Konsumen, Sumber Informasi, dan Sikap terhadap Perilaku Konsumen Cerdas pada siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran materi pendidikan konsumen, sumber informasi, dan sikap terhadap perilaku konsumen cerdas pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), serta menganalisis perbedaan variabel tersebut di wilayah kabupaten dan kota. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dan melibatkan dua SMA yang berada di wilayah kabupaten dan kota yang ada di Bogor. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposif dengan pertimbangan sekolah tersebut menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Teknik penarikan contoh menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 129 siswa SMA, 68 siswa di kabupaten dan 61 siswa di kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada perilaku konsumen cerdas di kedua wilayah. Pengetahuan objektif tentang kewajiban konsumen, karakretistik (dimensi usia), dan sikap (dimensi afektif dan konatif) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumen cerdas pada siswa SMA