Show simple item record

dc.contributor.advisorBasuni, Sambas
dc.contributor.advisorSunarminto, Tutut
dc.contributor.authorAryananda, Menak
dc.date.accessioned2018-04-20T02:50:40Z
dc.date.available2018-04-20T02:50:40Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91845
dc.description.abstractCiwidey yang memiliki keunikan alam dengan adanya kawah, sumber air panas dan keindahan alam sudah menjadi pusat ekowisata di daerah Bandung. Perhutani (BUMN) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sebagian besar wilayah di Ciwidey. Seperti Wana Wisata (WW) Kawah Putih, WW Ranca Upas, Taman Wisata Alam (TWA) Cimanggu dan Patuha Resort, harus dapat mempromosikan ekowisata kepada calon wisatawan. Sehingga produk ekowisata Ciwidey Kesatuan Bisnis Mandiri Wijas 1 Perhutani dapat dikenal dan menarik calon wisatawan untuk berkunjung. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Menganalisis efektivitas promosi ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa Lingkungan 1 Perhutani. (2) Mengetahui kepuasan, harapan, dan preferensi wisatawan terhadap promosi ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa Lingkungan 1 Perhutani. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengukuran efektivitas promosi dengan menggunakan EPIC Model dan persepsi wisatawan. Hasil EPIC Model di empat lokasi Ekowisata Ciwidey yang dikelola oleh KBM Wijas 1 menunjukan bahwa dimensi empati wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.34), WW Ranca Upas (4.37), TWA Cimanggu (4.37), dan Patuha Resort (4.40). Semua nilai dimensi empati berada dalam rentang skala biasa saja. Dimensi persuasi wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.61), WW Ranca Upas (4.51), TWA Cimanggu (4.63), dan Patuha Resort (4.78). Semua nilai dimensi persuasi berada dalam rentang skala agak efektif. Dimensi dampak wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.39), WW Ranca Upas (4.28), TWA Cimanggu (4.26) dan Patuha Resort (4.29). Semua nilai dimensi dampak berada dalam rentang skala biasa saja. Dimensi komunikasi wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.40), WW Ranca Upas (4.34) TWA Cimanggu (4.42) dan Patuha Resort (4.19), biasa saja. Penilaian dari segi persepsi wisatawan dalam tingkat kepuasan terhadap kegiatan promosi KBM Wijas 1 Perhutani pada empat lokasi, mendapatkan hasil rataan dalam skala 4 (biasa saja). Tingkat harapan wisatawan terhadap kegiatan promosi KBM Wijas 1 Pehutani, mendapatkan nilai terbanyak pada skala 5 (agak puas). Tingkat preferensi sumber informasi wisatawan KBM Wijas 1 Perhutani, mendapatkan nilai terbesar (skala 5) pada media internet ialah agak puas. Tingkat preferensi isi informasi wisatawan KBM Wijas 1 Perhutani, mendapatkan nilai (skala 5) tertinggi pada foto lokasi/kegiatan ialah agak puas. Artinya promosi yang dilakukan KBM Wijas 1 Perhutani biasa saja, kurang bisa menarik wisatawan dari segi promosi. Media internet dan foto kegiatan menjadi pilihan utama dari wisatawan dalam mempromosikan tempat ekowisata Ciwidey yang dikelola KBM Wijas 1 Perhutani.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcForest managementid
dc.subject.ddcEcotourismid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBandung-JABARid
dc.titleEfektivitas Promosi Ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa Lingkungan 1 Perhutani.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordCiwideyid
dc.subject.keywordefektivitas promosiid
dc.subject.keywordPerhutaniid
dc.subject.keywordepicid
dc.subject.keywordekowisataid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record