Pengaruh Iklan Televisi Serba Untung (SERBU) Terhadap Keputusan Pembukaan Tabungan Batara di Bank BTN Cabang X
Abstract
Bank Tabungan Negara (BTN) merupakan Bank Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang memiliki produk dana unggulan yaitu tabungan BTN Batara. Bank
BTN meluncurkan rogram Serba Untung (SERBU) Bank BTN untuk menarik
nasabah membuka tabungan Batara di Bank BTN. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui karakteristik nasabah Tabungan BTN Batara pada Bank BTN
cabang X, menganalisis efektifitas iklan Televisi SERBA UNTUNG Bank BTN
terhadap keputusan pembukaan tabungan Batara di Bank BTN cabang X dan
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan calon nasabah
untuk membuka tabungan BTN Batara di Bank BTN cabang X. Pada penelitian
ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive
sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Model penelitian ini menggunakan
Consumer Decision Modeling (CDM). Metode analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, dan structural equation modelling (SEM). Hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa nasabah yang membuka tabungan Batara di
Bank BTN Cabang X adalah laki-laki sebanyak 70 %, usia 21-30 tahun sebanyak
45%, pendidikan Sarjana sebanyak 42%, pendapatan Rp 1.000.001 – Rp
5.000.000 sebanyak 52%. Pesan iklan yang disampaikan berpengaruh terhadap
pembukaan rekening di Bank BTN Cabang X, dan faktor yang sangat
mempengaruhi keputusan pembukaan tabungan Batara di Cabang X adalah faktor
perbedaan individu.
Collections
- UT - Management [3354]