Analisis Preferensi Dan Willingness To Pay Konsumen Dalam Membeli Daging Sapi Di Kota Medan
Abstract
Daging merupakan bahan makanan yang bernilai gizi tinggi.Salah satu daging yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah daging sapi.Salah satu alternatif untuk memenuhi konsumsi daging sapi adalah mengkonsumsi daging sapi yang dikemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar lebih konsumen terhadap daging sapi dengan menggunakan regresi logistic, menentukan harga yang ingin dibayarkan konsumen dengan menggunakan metode Contingent Valuation Methode (CVM), dan menentukan atribut-atribut daging sapi yang disukai konsumen Kota Medan dengan menggunakan Uji Friedman. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar lebih konsumen terhadap daging sapi adalah faktor pernikahan dan faktor tingkat pendidikan. Harga yang ingin dibayarkan konsumen untuk daging yang dikemas sebesar Rp 125 138/Kg. Dan daging yang disukai konsumen adalah daging yang memiliki warna merah cerah, bertekstur lembut, tanpa lemak, dan daging bagian atas.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]