Analisis Strategi Pemasaran pada Wardah Beauty House Bogor
Abstract
Persaingan antar produk kosmetik dalam negeri membuat pelaku bisnis
mencari cara untuk bertahan. Salah satu cara yang dilakukan Wardah adalah
dengan membangun Wardah Beauty House (WBH) di Kota Bogor. WBH Bogor
yang baru satu tahun berdiri ini belum memiliki strategi pemasaran yang jelas,
untuk itulah magang ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor lingkungan
internal dan faktor lingkungan eksternal; (2) Menganalisis alternatif strategi
pemasaran untuk diterapkan; (3) Mengidentifikasi strategi pemasaran yang tepat
untuk diterapkan pada WBH Bogor. Alat analisis dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif, analisis faktor internal dan eksternal (IFE dan EFE), matriks
IE, matriks SWOT, matriks Ansoff, serta QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah
WBH Bogor berada pada sel II dalam matriks IE dan rekomendasi strategi
pemasaran yang diberikan adalah melakukan promosi konsisten melalui berbagai
media sosial dan media promo lainnya baik secara online maupun offline dan
mengadakan evaluasi, kontrol, dan pengawasan secara berkala untuk
mendapatkan masukan pengembangan WBH Bogor.
Collections
- UT - Management [3354]