Analisis Risiko Operasional Pendistribusian Surat dan Paket PT Pos Indonesia (Persero) Cabang dalam Kota Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Hersyani, Elma Hillary Putri
Cahyadi, Eko Ruddy
Metadata
Show full item recordAbstract
Kompetisi yang semakin ketat menuntut PT Pos Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga perusahaan dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar. Dalam pelaksanaan peningkatan layanan kepada pelanggan tidak terlepas dari munculnya potensi risiko. Salah satu risiko yang muncul adalah risiko operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko operasional dan strategi alternatif pengendalian risiko. Analisis data yang digunakan adalah analisis sebab akibat, analisis ABC dan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil penelitian menunjukna bahwa berdasarkan analisis ABC risiko kehilangan menjadi faktor penyebab risiko operasional yang memerlukan perhatian lebih. Sedangkan berdasarkan metode AHP risiko keterlambatan menjadi faktor penyebab risiko yang paling berpengaruh dalam mengendalikan risiko operasional pendistibusian surat dan paket. Strategi alternatif yang tepat untuk mengendalikan risiko tersebut adalah meningkatkan kapasitas petugas loket, meningkatkan layanan sistem informasi, meningkatkan kapasitas petugas lapangan, sistem pengendalian di lapangan, kualitas kemasan paket, dan meningkatkan layanan keluhan dan ganti rugi pelanggan.
Collections
- UT - Management [3354]