Sistem Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan serta Daya Terima Konsumen terhadap Soto Uncu Padang
View/ Open
Date
2016Author
Ikhsan, Naufal
Setiawan, Budi
Roosita, Katrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelenggaraan makanan dan tingkat kepuasan, serta daya terima konsumen terhadap Soto Uncu Padang. Penelitian ini merupakan studi kasus yang menggunakan analisis deskriptif. Jumlah Sampel sebanyak 94 orang dipilih secara purposive. Soto Uncu mendapatkan nilai higiene sanitasi 93% untuk golongan A2 yang merujuk kepada kemenkes nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011 tentang persyaratan higiene sanitasi jasa boga. Berdasarkan analisis pelayanan terpenting (Importance Performance Analysis=IPA) atribut kebersihan ruangan dan tempat makan dinilai paling penting. Nilai indeks kepuasan konsumen (Customer Satisfaction Index = CSI) Soto Uncu adalah sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa konsumen merasa puas. Hal ini didukung dengan daya terima konsumen yang baik. Kontribusi energi dan zat gizi pada satu porsi soto menyumbang pada laki-laki energi 17%, karbohidrat 24%, protein 17% dan lemak 25%, sedangkan pada perempuan energi 21%, karbohidrat 29%, protein 21% dan lemak 31%.
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]