Strategi Peningkatan Dayasaing Pada Pt Sayuran Siap Saji Bogor
Abstract
PT Sayuran Siap Saji merupakan perusahaan agribisnis yang menjual
sayuran segar dalam bentuk sudah dipotong (fresh cut) dan dalam bentuk utuh
(whole). Sayuran fresh cut dapat langsung siap dikonsumsi (ready to eat) atau
diolah lagi (ready to cook). PT Sayuran Siap Saji saat ini memiliki kendala dalam
mempertahankan dan meningkatkan dayasaingnya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Matriks IE, Matriks SWOT, dan QSPM. Hasil analisis
Matriks IE menunjukkan bahwa PT Sayuran Siap Saji berada pada kuadran I yaitu
pada tahap tumbuh dan kembangkan dengan strategi yang digunakan yaitu strategi
penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis
Matriks SWOT mengidentifikasi terdapat empat alternatif strategi peningkatan
dayasaing yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Sementara hasil analisis QSPM
menunjukkan strategi dengan prioritas tertinggi adalah strategi melakukan
evaluasi efisiensi produksi internal secara berkala dan melakukan kerja sama
dengan beberapa tenaga ahli baik institusi maupun perorangan.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]