Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Keberlanjutan Wisata Agro Tambi
Abstract
Peranan Public Relations (PR) dalam mempertahankan keberlanjutan
suatu wisata merupakan hal penting selain pembentukan citra positifnya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis citra positif Wisata Agro Tambi,
pengaruh karakteristik pengunjung dan peranan PR terhadap pembentukan citra
wisata agro, dan menganalisis hubungan citra dengan keberlanjutan Wisata Agro
Tambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
kuesioner, wawancara mendalam serta observasi lapang sebagai metode
pengumpulan data. Wisata Agro Tambi merupakan salah satu wisata yang
memiliki latar belakang perkebunan teh dan telah berdiri sejak tahun 2001. Hasil
penelitian menunjukkan karakteristik pengunjung dan peranan PR mempengaruhi
pembentukan citra Wisata Agro Tambi. Karakteristik pengunjung yang
mempengaruhi citra Wisata Agro Tambi adalah jenis kelamin, usia, tingkat
pendidikan, tingkat pendapatan, dan motivasi. Peranan PR yang mempengaruhi
citra Wisata Agro Tambi adalah peranan sebagai informator, fasilitator, dan
pelayanan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara citra
dengan keberlanjutan wisata agro Tambi.