Show simple item record

dc.contributor.advisorWinandi, Ratna
dc.contributor.authorDesvi, Mikhen
dc.date.accessioned2014-12-30T04:53:18Z
dc.date.available2014-12-30T04:53:18Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72791
dc.description.abstractPotensi rata-rata hasil perikanan tangkap adalah sekitar 6,5 juta ton/tahun dengan tingkat pemanfaatan pada tahun 2011 mencapai 5,71 juta ton. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) memiliki peran sentral sebagai pusat pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan TPI dalam pemasaran hasil perikanan tangkap, mengetahui saluran pemasaran hasil perikanan tangkap yang terjadi di TPI dan bukan TPI, dan menganalisis tingkat efisiensi pemasaran. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Penentuan responden menggunakan accidental sampling (convenience sampling) untuk nelayan, dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran berikutnya. Hasil penelitian menemukan TPI memiliki peran penting dalam hal pemasaran ikan. Tidak ada saluran pemasaran yang mutlak efisien. Namun, jika dilihat dari nilai total margin yang rendah, fisherman’s share yang tinggi dan biaya pemasaran yang rendah maka saluran pemasaran 3 pada sistem lelang murni cenderung lebih efisien. Tapi jika dilihat dari nilai rasio keuntungan dan biaya yang relatif sama pada setiap lembaga pemasarannya maka saluran pemasaran 1 pada sistem lelang murni dan saluran 3 pada sistem opow cenderung lebih efisien.en
dc.description.abstractThe potential average of fisheries yield is about 6.5 million tonnes / year by the utilization rate in 2011 reached 5.71 million tons. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) has a central role as a marketing center. The purpose of this research was to determine the role TPI in the marketing of fisheries, to knows marketing channel of fisheries yield in TPI or not, and to analyze the level of marketing efficiency. Methods of data collection through questionnaires and structured interviews. Determination of the respondents using simple random sampling for fisherman, and the next marketing institution using snowball sampling. The results of this research shows TPI has an important role in the marketing of fish. There is no absolute efficient marketing channels. However, if viewed from the total value of low margin,fisherman's share of high,and marketing cost of low, marketing channel 3 on a pure auction system is tends to be more efficient. But when viewed from the cost profit ratio with same relative value at each institution marketing, the marketing channel 1 on a pure auction system and the marketing channel 3 on opow systems is tend to be more efficient.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titleAnalisis efisiensi pemasaran hasil perikanan tangkap di pangkalan pendaratan ikan muara angke, dki jakartaen
dc.title.alternativeThe marketing efficiency analysis of fisheries result at pangkalan pendaratan ikan muara angke, dki jakartaen
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keywordefisiensien
dc.subject.keywordpelelanganen
dc.subject.keywordpemasaranen
dc.subject.keywordperikananen
dc.subject.keywordsistem opowen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record