Analisis Willingness To Pay (WTP) Pengunjung Terhadap Objek Wisata Kandis Sawahlunto Sumatera Barat
Abstract
Taman satwa kandis berada di bawah naungan PT. WWS (Wahana Wisata Sawahlunto) yang berkantor di Kecamatan Muaro Kalaban. Taman satwa Kandis menyediakan berbagai macam wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung, dimana secara garis besar wahana tersebut dikelompokan kedalam 3 garis besar, yaitu sebagai berikut : wahana air, taman satwa, dan wahana outbond. Contingent Valuation Method (CVM) adalah metode teknik survey untuk menanyakan kepada responden tentang nilai atau harga yang mereka berikan terhadap komoditi yang tidak memiliki nilai pasar seperti barang lingkungan. CVM menggunakan pendekatan secara langsung dimana teknik ini menanyakan kepada responden berapa besarnya Willingness to pay (WTP) untuk memperoleh manfaat tambahan dari keadaan sebelumnya. Total responden yang di wawancarai 98 orang, terdiri dari 22 orang pengunjung wanita, dan 76 orang pengunjung pria, reponden yang datang kebanyakan berusia antara 26-35 tahun yang berjumlah 36 orang, tingkat pendapatan keluarga responden mayoritas berkisar antara Rp 4.100.000-6.000.000 berjumlah 39 orang, mayoritas responden memiliki tingkat pendidikan strata 1 (S1) yang berjumlah 45 orang, mayoritas responden yang datang memiliki pekerjaan sebagai PNS yang berjumlah 37 orang, mayoritas biaya perjalanan yang dikeluarkan responden berkisar antara Rp 101.000-299.000 yang berjumlah 51 orang, dan mayoritas waktu kunjungan yang di habiskan dilokasi objek wisata kandis berkisar antara 2,5-4 jam. Dari hasil wawancara dengan 98 responden diperoleh 94 orang responden bersedia membayar untuk tambahan wahana 4 Dimensi dan flying fox sedangkan sisanya 4 orang responden tidak bersedia membayar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesedian membayar (WTP) untuk wahana 4 dimensi adalah waktu yang dihabiskan di lokasi, tingkat pendidikan, usia, dan tingkat pendapatan, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi untuk wahana flying fox adalah jenis kelamin, waktu yang dihabiskan di lokasi, dan tingkat pendapatan. Variabel biaya perjalanan tidak berpengaruh nyata untuk kedua wahana tersebut. Nilai rata-rata WTP untuk wahana 4 dimensi sebesar Rp 20585.11 dengan nilai total WTP (TWTP) sebesar Rp 3.700.194.108, sedangkan nilai rata-rata WTP untuk wahana flying fox sebesar Rp 15212.76 dengan nilai Total WTP (TWTP) sebesar Rp 2.734.508.823. Nilai rata-rata WTP responden yang di peroleh untuk ke dua wahana tersebut lebih tinggi dari rencana harga tiket yang akan ditetapkan oleh pihak pengelola yaitu Rp 20.000 untuk wahana 4 dimensi, dan Rp 15.000 untuk wahana flying fox.