Analisis Strategi Pemasaran Suku Cadang Mobil Bekas Di CV. XYZ
Abstract
CV. XYZ adalah salah satu pemasok suku cadang yang terdapat di Kota Bogor. CV. XYZ didirikan karena hobby dari pemiliknya dan dapat melihat peluang akan permintaan dan kebutuhan suku cadang bekas yang semakin meningkat, sehingga didirikanlah CV. XYZ yang dapat memasok suku cadang yang murah dan berkualitas. Permintaan yang semakin meningkat serta pesaing merupakan suatu tantangan bagi CV. XYZ. Tantangan tersebut harus dihadapi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen untuk membeli suku cadang bekas. Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, maka pihak CV. XYZ memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam menjalankan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal terhadap CV. XYZ, 2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran pada CV. XYZ dan 3) Merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh CV. XYZ. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari , yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara kepada pemilik dan pengelola yang memiliki peranan utama dan pengisian kuesioner oleh responden. Data sekunder bersumber dari studi literatur yang relevan dengan penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan secara tidak acak dan dilakukan berdasarkan tujuan tertentu dari peneliti. Data dan informasi yang diperoleh diolah dan dianalisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) untuk menganalisis lingkungan internal yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki CV. XYZ dan matriks EFE (External Factor Evaluation) untuk menganalisis lingkungan eksternal CV. XYZ untuk dapat mengetahui peluang dan ancaman yang dimilikinya. Hasil analisis dari matriks IFE dan EFE kemudian diolah dengan menggunakan matriks IE dan SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats) untuk mendapatkan formulasi strategi pemasaran. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh CV. XYZ. Faktor-faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan perusahaan adalah harga jual yang murah, kualitas barang terjamin, lokasi yang strategis, jaringan penjualan yang luas, modal keuangan yang kuat, tenaga kerja yang terlatih. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi kelemahan perusahaan adalah Jam kerja yang belum teratur, perkakas yang masih kurang, pencatatan keuangan yang belum maksimal, TI belum belum diterapkan untuk mendukung kegiatan operasional. Faktor-faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang perusahaan adalah Para pesaing mulai kewalahan, keuntungan yang menggiurkan, permintaan konsumen yang meningkat, citra perusahaan yang baik di mata konsumen. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi ancaman perusahaan adalah cuaca, inovasi para pesaing, harga suku cadang yang naik, beredarnya suku cadang baru dengan kualitas rendah (KW). Beberapa alternatif strategi pemasaran yang diperoleh antara lain (1) Selalu menyediakan suku cadang yang berkualitas, (2) Memberikan harga yang murah, (3) Meningkatkan citra perusahaan, (4) Memperluas area distribusi, (5) Memanfaatkan media informasi dalam melakukan pemasaran, (6) Meningkatkan fasilitas penunjang kegiatan operasional. Tiga strategi utama pemasaran yang tepat direkomendasikan bagi perusahan CV. XYZ adalah (1) Selalu menyediakan suku cadang yang berkualitas aga konsumen tidak berpindah ke pemasok lainnya, (2) Memberikan harga murah untuk menarik minat konsumen untuk selalu berbelanja di CV. XYZ, (3) Meningkatkan citra perusahaan dengan selalu menjalin komunikasi dengan pasa konsumen. Masukan dan saran yang dapat penulis sampaikan kepada pihak perusahaan antara lain : (a) Menambah pengetahuan tentang CV. XYZ kepada pelanggan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui media promosi online yang berisi informasi lengkap tentang produk dan pelayanan pendukung yang diberikan sehingga pelanggan dapat mengakses dengan mudah informasi mengenai CV. XYZ, (b) Perusahaan sebaiknya membuat standar manajemen yang baik, terdiri dari analisis dan spesifikasi pekerjaan masing-masing karyawan, sehingga masing-masing karyawan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan spesifikasi pekerjaan serta dapat dilakukan penilaian karyawan dan apa saja yang telah dicapai oleh perusahaan, (c) Perusahaan sebaiknya melakukan kajian lebih lanjut terhadap alternatif strategi yang telah diusulkan sebelumnya misalnya dengan meningkatkan citra perusahaan dan tetap menyediakan produk berkualitas yang dapat meningkatkan kapasitas produksi sesuai dengan permintaan.
Collections
- UT - Management [3354]