Hubungan Persepsi dan Perilaku Konsumen di DKI Jakarta terhadap Label Gizi Pangan dengan Status Gizi dan Kesehatan.
Abstract
Label informasi nilai gizi adalah daftar kandungan zat gizi pangan pada label pangan sesuai dengan format yang dibakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi dan perilaku masyarakat terhadap informasi gizi pada label makanan dengan status gizi dan kesehatan. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study.Responden diambil secara purposive dengan kriteria atau persyaratan bahwa responden merupakan warga DKI Jakarta dengan pendidikan minimal SMA atau sederajat, sebanyak 91 orang yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan Mal Ciputra, Pluit Village, Plaza Semanggi, Plaza Sarinah, dan Tamini Square pada bulan Mei 2013. Hasilnya menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku membaca label informasi nilai gizi responden dengan status gizi (p=0.190), kesehatan (p=0.237), sebaran umur (p=0.151), jenis kelamin (p=0.875), tingkat pendidikan (p=0.311), status pekerjaan (p=0.608), dan tingkat pendapatan (p=0.140). Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku membaca label informasi nilai gizi dengan pengetahuan gizi responden (p=0.008), sikap (p=0.006), dan persepsi konsumen mengenai label informasi nilai gizi (p=0.015).
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]