Show simple item record

dc.contributor.authorWulan, Devie Retno
dc.date.accessioned2013-05-13T03:57:49Z
dc.date.available2013-05-13T03:57:49Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63494
dc.description.abstractWana Wisata Kartini Mantingan terletak di Kabupaten Rembang dengan menawarkan konsep hutan wisata yang menarik. Perkembangan usaha wisata menuntut usaha Wana Wisata untuk mengembangkan dan memasarkan produk atau jasa yang dibutuhkan telah tersedia dan tentunya berbeda dari para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk dijalankan oleh Wana Wisata Kartini Mantingan dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan posisi pasar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengkaji lingkungan internal dengan matriks IFE dan lingkungan eksternal dengan matriks EFE. Kedua matriks tersebut digunakan dalam matriks IE yang bertujuan untuk melihat posisi perusahaan saat ini. Adapun perumusan alternatif strategi dilakukan dengan analisis SWOT. Pengambilan keputusan dalam perumusan strategi menggunakan analisis matriks QSPM. Hasil perhitungan matriks IFE diperoleh total skor sebesar 2,662 yang menunjukkan bahwa Wana Wisata Kartini Mantingan secara organisasi internal dapat dikatakan dalam kondisi rata-rata dan mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki serta menutupi kelemahan dengan baik. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE menghasilkan skor sebesar 2,543 mengindikasikan bahwa respon yang diberikan Wana Wisata Kartini Mantingan kepada eksternal tergolong sedang dalam menjalankan strategi untuk menarik keuntungan dari peluang dan menghindari ancaman. Berdasarkan matriks QSPM yang memetakan empat alternatif strategi diantaranya : strategi SO, strategi ST, strategi WO, dan strategi ST. Strategi SO terpilih sebagai strategi terbaik dengan total bobot skor tertinggi yaitu 6,905. Strategi ini berupa mempertahankan posisi sebagai tempat wisata yang memiliki SDA potensial, lokasi strategis dan mudah dijangkau sekaligus mengikutsertakan dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar dalam mengembangkan “kampung wisata alam, budaya dan pendidikan”.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleStrategi Pemasaran Wana Wisata Kartini Mantingan Kabupaten Rembang Jawa Tengahen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record