Show simple item record

dc.contributor.advisorAnwar,Dewi Rezalini
dc.contributor.authorLauren, Grace Mutiara
dc.date.accessioned2013-03-11T03:46:51Z
dc.date.available2013-03-11T03:46:51Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/61159
dc.description.abstractTaman lingkungan adalah sebuah taman di kawasan perumahan yang digunakan dan dimiliki oleh masyarakat setempat. Taman lingkungan merupakan sebuah ruang terbuka dengan fungsi baik sosial dan estetika sebagai media untuk kegiatan rekreatif atau kegiatan lainnya di kawasan perumahan (UU No 5 Tahun 2008). Dilihat dari kondisi ruang terbuka yang terus berkurang menyebabkan anak-anak lebih menyukai bermain komputer dan menonton TV sehingga anak-anak cenderung lebih pasif dan individual. Oleh karena itu, dibutuhkan desain taman lingkungan untuk anak usia sekolah untuk menciptakan ruang bermain yang rekreatif dan edukatif bagi anak-anak. Desain adalah mencari bentuk-bentuk yang memenuhi program. Ini berkaitan dengan solusi tertentu, sementara program ini berkaitan dengan karakteristik umum dan hasil yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosial dengan wawancara dan penyebaran kuisioner awal pada 30 responden untuk membentuk 3 alternatif desain. Ketiga alternatif desain ini dinilai dan dipilih oleh 10 responden untuk menghasilkan desain final. Desain final merupakan kombinasi dari ketiga alternatif desain yang dapat memenuhi fungsi sosial dan edukatif bagi pengguna taman lingkungan. Desain final ini akan dijelaskan dalam gambar denah lanskap, denah penanaman lanskap, gambar detil berupa gambar potongan keseluruhan tapak, gambar detil hardscape dan softscape, serta gambar perspektif. Kata kunci: anak usia sekolah, desain lanskap, dan taman lingkungan. ABSTRACT Neighborhood park is a park in the residential area that is used and owned by the local community. Neighborhood park is an open space with both social and aesthetic functions as a medium for recreational activities or other activities in the area of housing (Act No. 5 of 2008). Viewed from the condition of open space an ever reduced made children to prefer playing computer and watching TV so they looks more passive and individual. Therefore, we need a neighborhood park design for school age children to create a space for playing. Design is the search for forms that satisfy a program. It deals with particular solutions, while the program is concerned with general characteristics and desired outcomes. The method used in this research is a social approach to interviews and distribution of questionnaires beginning at 30 respondents to form three design alternatives. The three design alternatives is assessed and selected by 10 correspondents to produce the final design. Final design is a combination of all three design alternatives that can meet the social and educational functions for the user neighborhood parks. Final design will be explained in the site plan, planting drawings, detail section drawings of site, hardscape and softscape detail drawings, and perspective drawings.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectschool age childrenen
dc.subjectneighborhood parken
dc.subjectlandscape designen
dc.titleDesain Taman Lingkungan untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Cluster Callysta Permata, Perumahan Taman Permata Bintaro, Tangerang Selatanen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record