Analisis efektivitas strategi promosi benih padi dan palawija pada PT Sang Hyang Seri(Persero): studi kasus petani Desa Dukuh Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang
Abstract
Efel-tivitas promosi benih padi dan palawija PT SHS e1iukur melalui dampak komun.i.kasi dan penjualan. Dampak komunikasi promosi menggunakan kriteria tingkat Brand Awareness dimana e1iperoleb basil bahwa produk benih PT SHS telah menjadi top oj mind eli benak respondeD, artinya promosi yang eIila1cukan oleh perusahaan sudah tergolong baik. Begitu juga dengan pengukuran dampak komunikasi melalui analisis EPIC Model dengan nilai EPIC Rate yang e1iperoleb menunjukkan bahw-a responden menilai promosi yang dila1cukan oleb PT SHS secara keseluruhan sudah efektif. Namun jika e1ilihat dari masing-masing dimensi dalam EPIC Model iill, ada beberapa dimensi yang dinilai masih belum efektif(cukup efektif) yaitu dimensi persuasi dan dimensi komunikasi, sedangkan nilai dimensi empati dan dirnensi dampak dikategorikan sudah efektif. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan sudah cukup berhasil dalam berpromosi, namun perlu dila1cukan perbaikan dari segi persuasi dan komunikasi agar strategi promosi eli masa mendatang menjadi lebih efektif lagi. Efektivitas promosi selain dapat e1iukur melalui dampak komunikasi, dapat juga e1iukur melalui dampak penjualan produknya Analisis ini dila1cukan dengan menggunakan analisis resgresi linear berganda HaSii analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara biaya promosi baik A TL maupun BTL dengan tingkat penjualan benih padi dan palawija Selain itu, biaya promosi A TL dan BTL baik secara bersama maupun sendiri-sendiri juga berpengaruh nyata terhadap tingkat penjualan. Aruilisis regresi linear berganda ini juga me!lghasil.kan persamaan regresi yang menunjukkan besamya bubungan antara penjualan, biaya promosi A TL da biaya promosi BTL. Persamaan tersebut dapat e1iintepretasikan bahwa pemsahaan akan memperoleb penjualan benih padi dan palawija tanpa adanya pengeluaran biaya promosi A TL dan BTL. Selain itu, apabila pemsahaan meningkatkan anggaran biaya promosi BTL satu juta rupiah maka pemsahaan akan memperoleb tambahan penjualan yang lebih besar e1ibandingkan apabila pemsahaan meningkatkan an.ggaran biaya promosi BTL dalam jurnlah yang sarna