Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Pandu Siwi Sentosa.
Abstract
Jasa pengiriman barang di Indonesia memang bukan usaha yang terbilang baru. Usaha ini telah diperkenalkan sejak tahun 1990-an. Semakin ketatnya persaingan usaha dibidang jasa pengiriman ini, mengharuskan setiap perusahaan memiliki strategi bersaing tersendiri agar dapat bertahan dalam persaingan. Untuk mengetahui sejauhmana hasil kinerja strategi yang diterapkan oleh perusahaan, maka dapat dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan apa yg kita kenal dengan balanced scorecard. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) membuat rancangan sistem pengukuran kinerja PT. Pandu Siwi Sentosa dengan pendekatan balanced scorecard. (2) mengukur pencapaian kinerja PT. Pandu Siwi Sentosa dengan pendekatan balanced scorecard. Penelitian dilaksanakan di PT Pandu Siwi Sentosa yang terletak di Jalan Raya Bekasi Timur Km. 18 No. 30, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, yaitu mulai bulan Januari sampai Maret 2011. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan pihak manajemen PT Pandu Siwi Sentosa, sedangkan data sekunder berasal dari laporan pihak terkait yang dapat digunakan untuk menunjang informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil wawancara diolah dan dianalisis menggunakan metode paired comparison dan balanced scorecard. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja PT. Pandu Siwi Sentosa dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard. Perspektif finansial memberikan kontribusi skor sebesar 26.12 persen. Perspektif pelanggan memberikan kontribusi skor sebesar 20.68 persen. Perspektif proses bisnis internal memberikan kontribusi skor sebesar 25.15 persen dan Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memberikan kontribusi skor sebesar 19.62 persen. Total skor kinerja PT. Pandu Siwi Sentosa adalah 91.57 persen. Kontribusi skor terendah adalah skor perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. PT. Pandu Siwi Sentosa diharapkan dapat memberikan pelatihan-pelatihan ataupun fasilitas-fasilitas lainnya yang mampu meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan untuk dapat bekerja lebih baik lagi sehingga dapat mencapai target yang diharapkan perusahaan.
Collections
- UT - Management [3354]