Show simple item record

Application of Nitrogen-Fixing Bacteria with Burned and Unburned Peat Soil Media on Acaciacrassicarpa Cunn. Ex-Benth Seedling.

dc.contributor.advisorSyaufina, Lailan
dc.contributor.advisorMubarik, Nisa Rachmania
dc.contributor.authorManalu, Melisda Hotma Ida
dc.date.accessioned2011-11-21T06:03:20Z
dc.date.available2011-11-21T06:03:20Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51889
dc.description.abstractPeat is a soil type that consists of organic materials from plant debris by decomposition process. Activities of burning peat land cause bad impacts on the peat properties (physical, chemical, and biological properties). The restoration of damaged peat lands have been carried out by various parties. The research was aimed to improve one of the peat properties by applying nitrogen-fixing bacteria to assist the growth of Acacia crassicarpa in the burned and unburned peat media. This research used nitrogen-fixing bacteria Bradyrhizobium japonicum BJ 11, Bradyrhizobium S1, and Rhizobium DD in Acacia crassicarpa seedling. Urea doze of 46% treatment was used as comparison in the application. There were two types of growing media that used in this research, burned and unburned peat, of which both sterilized and unsterilized. The treatment that using Bradyrhizobium BJ 11 and S1 isolates were able to improve the growth of Acacia crassicarpa in burned peat. Treatment with Rhizobium DD in burned peat had no significant effect. Using nitrogen-fixing bacteria to help the growth of Acacia crassicarpa during seedling can reduce the use of urea fertilizer.en
dc.description.abstractGambut adalah jenis tanah yang terdiri atas timbunan bahan-bahan organik yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang sedang atau sudah mengalami proses dekomposisi. Kegiatan pembukaan lahan gambut dengan membakar telah memberikan dampak yang buruk terhadap sifat-sifat gambut (sifat fisik, sifat kimia, dan sifat biologi). Pemulihan lahan gambut yang rusak telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Penelitian bertujuan untuk membantu memperbaiki salah satu sifat gambut dengan mengaplikasikan bakteri penambat nitrogen dalam membantu pertumbuhan tanaman Acacia crassicarpa yang tumbuh di lahan gambut terbakar dan tidak terbakar. Penelitian ini menggunakan bakteri penambat nitrogen Bradyrhizobium japonicum BJ 11, Bradyrhizobium S1, dan Rhizobium DD pada penanaman semai Acacia crassicarpa. Penggunaan pupuk urea dosis 46% digunakan sebagai pembanding pada aplikasi tersebut. Ada dua jenis media tanam yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gambut bekas terbakar dan tidak terbakar yang diberikan perlakuan tanpa sterilisasi dan dengan sterilisasi. Perlakuan dengan menggunakan bakteri Bradyrhizobium BJ 11 dan S1 mampu memperbaiki pertumbuhan Acacia crassicarpa di lahan lahan gambut bekas terbakar. Perlakuan dengan Rhizobium DD tidak memberikan pengaruh yang signifikan di lahan gambut yang bekas terbakar. Penggunaan bakteri penambat nitrogen untuk membantu pertumbuhan akasia selama masa semai dapat mengurangi penggunaan pupuk urea.
dc.subjectAcacia crassicarpaen
dc.subjectburned peaten
dc.subjectnitrogen-fixing bacteriaen
dc.subjectchemistry fertilizeren
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAplikasi bakteri penambat nitrogen dengan media tanah gambut terbakar dan tidak terbakar pada semai acacia crassicarpa cunn. Ex. Benthen
dc.titleApplication of Nitrogen-Fixing Bacteria with Burned and Unburned Peat Soil Media on Acaciacrassicarpa Cunn. Ex-Benth Seedling.


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record