Show simple item record

dc.contributor.authorAdi, Ndalu Kristiono
dc.date.accessioned2011-10-20T04:23:32Z
dc.date.available2011-10-20T04:23:32Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51101
dc.description.abstractKapal penangkap cumi-cumi merupakan kapal penangkap ikan yang tujuan utamanya menangkap cumi-cumi dengan ciri khas terdapat banyak lampu di atas kapal, hal ini dikarenakan tingkah laku cumi-cumi yang bersifat phototaxis positif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan parameter desain, nilai parameter stabilitas dan nilai floading angle kapal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif numerik. Hasil analisis yang diperoleh, ketiga rasio LPP/B, LPP/D dan B/D masing-masing bernilai 4,17; 11,34 dan 2,72 dan analisis coefficient of fineness kapal yang diteliti masing-masing sebesar Cb= 0,52; CP= 0,73; Cvp= 0,66; Cw= 0,80 dan C¤= 0,72 maka ketiga nilai rasio dimensi utama dan kelima nilai coefficient of fineness kapal yang diteliti berada pada rentang nilai kapal static gear. Pada draft 0,7145 meter, bertambahnya KG sebesar 0,40 meter dari 0,7 meter ke 1,1 meter menyebabkan berkurangnya luas kurva stabilitas sebesar 46,04%, sedangkan pada draft 1,524 meter, bertambahnya KG sebesar 0,32 meter dari 0,98 meter ke 1,30 meter menyebabkan berkurangnya luas kurva stabilitas sebesar 68,60%. Perbandingan antara draft sebesar 0,7145 meter dengan 1,524 meter pada KG 0,9 meter mengalami perubahan penurunan persentase sebesar 45,74% dari 0,94 m.rad ke 0,51 m.rad sedangkan pada KG 1,10 meter mengalami perubahan penurunan persentase sebesar 48,53% dari 0,68 m.rad ke 0,35 m.rad. Analisis selanjutnya dilakukan perbandingan pada draft 0,7145 meter dan 1,524 meter dengan KG 0,9 meter dan KG 1,10 meter maka pada draft 0,7145 meter mengalami perubahan penurunan persentase luas area di bawah kurva GZ sebesar 27,66% dari 0,94 m.rad ke 0,68 m.rad sedangkan pada draft 1,524 meter mengalami perubahan penurunan persentase luas area di bawah kurva GZ sebesar 31,37% dari 0,51 m.rad ke 0,35 m.rad. Berdasarkan perbandingan draft 0,7145 meter dan 1,524 meter maka kapal yang diteliti lebih baik kondisi muatan berada pada sekitar draft 0,7145 meter karena persentase penurunan luas area di bawah kurva GZ pada draft 0,7145 meter lebih kecil dibandingkan dengan draft 1,524 meter. Sementara itu, bertambahnya draft kapal sebesar 0,8095 meter dari 1,524 meter ke 0,7145 meter akan menurunkan floading angle sebesar 67,74% dari 31 derajad ke 10 derajad.en
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectdesainen
dc.subjectfloading angleen
dc.subjectstabilitasen
dc.titleStabilitas statis kapal penangkap cumi-cumi (squid jigging) cahaya alam 3 (studi kasus di galangan kapal PT. Proskuneo Kadarusman Muara Baru, Jakarta Utara)en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record