UT - Computer Science
Browse by
Recent Submissions
-
Pengembangan Modul Back-End Sistem Knowledge Sharing Mangrove Ecosystem Management
(2024)Ekosistem mangrove merupakan kawasan sekelompok tumbuhan yang tumbuh di zona pasang surut wilayah tropis dan subtropis. Selama tiga dekade terakhir, ekosistem mangrove mengalami tren penurunan. Dalam jangka panjang, ... -
Implementasi Sistem Pencatatan Sapi Berbasis RFID: Pengembangan Front-End untuk Manajemen Data Ternak Sapi
(2024)Peternakan merupakan salah satu potensi usaha yang sangat besar apabila dikembangkan di Indonesia. Indonesia memiliki keunggulan di bidang peternakan secara keragaman plasma nutfah, iklim dan geografis, serta sumberdaya ... -
Analisis Klasifikasi Citra Daging Sapi dan Daging Babi Menggunakan VGG16, EfficientNetB0, dan InceptionV3
(2024)Konsumsi daging di Indonesia semakin meningkat seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk, pendapatan, dan konsumsi protein hewani. Pengidentifikasian sumber daging menjadi isu yang sensitif dan penting terkait ... -
Analisis Perbandingan Arsitektur MobileNetV2, ResNet50 dan DenseNet121 Dalam Klasifikasi Jenis Daging Berdasarkan Citra Digital
(2024)Penelitian ini membandingkan kinerja tiga arsitektur Convolutional Neural Network (CNN), yaitu MobileNetV2, ResNet50, dan DenseNet121, dalam klasifikasi jenis daging sapi dan babi berdasarkan citra digital. Permasalahan ... -
Pengembangan dan Analisis Load Testing Modul Backend Sistem Showcase Ilmu Komputer Berbasis Framework Laravel
(2024)Perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma pengelolaan publikasi karya ilmiah. Sistem Showcase Ilmu Komputer berbasis web dikembangkan sebagai solusi pengarsipan dan publikasi. Penelitian ini berfokus pada ... -
Analisis Perbandingan Arsitektur You Only Look Once (YOLO) untuk Mendeteksi Penyakit Kuning pada Tanaman Hortikultura
(2024)Penyakit kuning merupakan penyakit yang menginfeksi tanaman hortikultura yang disebabkan oleh Begomovirus. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan tanaman yang dapat mengurangi kuantitas dan kualitas produksi sehingga ... -
Pengembangan Aplikasi Frontend Berbasis Web untuk Server Data IoT Menggunakan Library ReactJs
(2024)Perkembangan Internet of Things (IoT) semakin tinggi saat ini. Data yang dihasilkan perangkat IoT perlu disimpan pada sebuah server data. Penyimpanan pada server data saja tidak cukup, diperlukan visualisasi data agar ... -
Redesain Aplikasi Online Groceries untuk Mempromosikan Kebiasaan Terkait Responsible Consumption Menggunakan Digital Nudge
(2024)Transportasi dan produksi pangan menyumbang sekitar 26% dari total emisi gas rumah kaca global dan berkontribusi pada penipisan lahan dan sumber daya alam. Hal ini berkaitan dengan konteks konsumsi bertanggung jawab, ... -
PENGEMBANGAN ALGORITMA BERBASIS GAME THEORY UNTUK KOORDINASI MULTI-AGENT
(2024)Membangun koordinasi multi-agent yang optimal merupakan salah satu aspek penting untuk menjalankan berbagai tugas secara efektif seperti survei wilayah, pencarian, dan misi penyelamatan. Dalam berbagai tugas tersebut, ... -
Model Game Theory dengan Motivasi Intrinsik pada Dinamika Kooperasi dalam Tradisi Berburu Ikan Paus di Lamalera
(2024)Penelitian ini bertujuan untuk membangun model game theory dengan motivasi intrinsik serta menganalisis dampak dari adanya keragaman motivasi individu dalam tradisi berburu paus di Lamalera. Dengan mempertimbangkan bahwa ... -
Optimalisasi Lampu Lalu Lintas Berbasis Deteksi Objek dan Fuzzy Logic (Studi Kasus Simpang Terminal Bubulak)
(2024)Kemacetan lalu lintas meningkatkan emisi dan menghambat pergerakan kendaraan, sehingga diperlukan optimalisasi lampu lalu lintas sebagai salah satu faktor penyebab kemacetan. Penelitian ini mengusulkan metode optimalisasi ... -
Modifikasi Algoritma Q-Learning untuk Pemilihan Jalur Optimal dalam Lingkungan Pertanian
(2024)Pertumbuhan populasi global yang cepat menghadirkan tantangan serius terhadap ketahanan pangan, sementara lahan pertanian yang terbatas menuntut peningkatan efisiensi produksi. Agriculture 4.0, dengan fokus pada pertanian ... -
Analisis Data Publikasi Dengan Pendekatan Bibliometriks dan Text Clustering Untuk Menentukan Kriteria Tingkat Keparahan Karhutla
(2024)Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia telah menjadi isu lingkungan selama dua dekade terakhir, dengan dampaknya yang melibatkan berbagai aspek. Penilaian dampak kebakaran terutama dilakukan untuk penelitian, ... -
Pengembangan Aplikasi Back-End KMS KNPKI Berbasis RESTful API Menggunakan Metode Prototyping
(2024)Keluarga memiliki peran krusial dalam membentuk individu dan masyarakat, dengan ketahanan keluarga menjadi aspek penting yang mempengaruhi kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga. Koalisi Nasional Perlindungan Keluarga ... -
Analisis Pengalaman Pengguna Terkait Pemanfaatan Large Language Model (LLM) untuk Komunitas Pertanian
(2024)Salah satu cara dalam mengatasi tantangan petani dalam mencari informasi secara efisien di internet adalah penggunaan chatbot yang dapat diimplementasi menggunakan Large Language Model (LLM) seperti ChatGPT. Pengalaman ... -
Pengembangan Supply Chain Management System Bisnis Produk Pertanian
(2024)Potensi produk hortikultura di Indonesia sebagai komoditas pertanian membuka peluang pengembangan, terutama pada sektor buah-buahan, sayur-sayuran, obat-obatan, dan tanaman hias. Namun, terdapat kendala dalam manajemen ... -
Penerapan Text Mining Pada E-Commerce Analytics Tool Untuk Klasifikasi Penjualan Produk Pangan Olahan Ilegal.
(2024)E-commerce telah menjadi salah satu sektor ekonomi digital terbesar di Indonesia, dengan kategori makanan dan minuman, termasuk pangan olahan, menempati urutan teratas sebagai barang yang paling banyak dicari pada tahun ... -
: Penerapan Text Mining pada E-Commerce Analytics Tool untuk Klasifikasi Penjualan Produk Pangan Olahan Ilegal
(2024)E-commerce telah menjadi salah satu sektor ekonomi digital terbesar di Indonesia, dengan kategori makanan dan minuman, termasuk pangan olahan, menempati urutan teratas sebagai barang yang paling banyak dicari pada tahun ... -
Pengembangan Modul Ujian Pada Aplikasi FamLink Menggunakan Metode Prototyping
(2024)Pendidikan tentang ketahanan keluarga memiliki peran penting dalam membangun fondasi yang kokoh untuk kesejahteraan sosial dan individu di Indonesia. Namun, saat ini terlihat bahwa pengetahuan tentang ketahanan keluarga ... -
Analisis User Experience IPB Mobile for Student Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)
(2024)Aplikasi IPB Mobile for Student merupakan layanan berbasis mobile smartphone yang terintegrasi dan melengkapi layanan-layanan digital lainnya yang telah dirilis oleh IPB University melalui Lembaga Manajemen Informasi dan ...