Analisis kepuasan konsumen produk merek You C 1000 (studi kasus mahasiswa strata satu Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Pertumbuhan industri minuman ini dipengaruhi oleh munculnya produk minuman baru yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan. Hal ini disebabkan karena minuman merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Salah satu industri minuman yang mengalami perkembangan adalah minuman suplemen atau berenergi (energy drink). Banyaknya merek minuman suplemen berenergi yang beredar di pasaran, maka PT Djojonegoro perlu mendiskripsikan bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap You C 1000 dengan melihat tingkat kepentingan dan kinerja dari produk tersebut. Kemudian, dengan kondisi tersebut perusahaan juga perlu mengkaji seberapa besar tingkat kepuasan konsumen mempengaruhi pemasaran produk You C 1000. Tujuan penelitian ini antara lain adalah menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk You C 1000 menurut konsumen (mahasiswa), dan merumuskan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen produk You C 1000 di lingkungan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Lokasi yang dipilih adalah Kampus IPB Dramaga, dan pemilihan tempat dilakukan secara sengaja (purposive). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Judgement Sampling. Pada metode ini, sampel diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang akan digunakan sebagai acuan dalam penarikan sampel adalah responden yang dipilih, mengetahui, mengenal dan pernah mengkonsumsi minuman suplemen berenergi You C 1000 dalam jangka waktu maksimal dua bulan terakhir. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Importance Performance Analysis dan Indeks Kepuasan Pelanggan (Custumer Satisfaction Index). Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen. Importance Performance Analysis digunakan untuk mempresentasikan dan memetakan atribut-atribut kinerja produk You C 1000 menurut tingkat kepentingan dan tingkat kinerja. Custumer Satisfaction Index digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut-atribut tertentu dengan melihat tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dari produk. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa karakteristik responden mahasiswa IPB yang mengkonsumsi You C 1000 sebanyak 51 orang yang didominasi oleh responden berjenis kelamin perempuan, dengan usia antara 20-21 tahun. Mayoritas tempat tinggal responden yang mengkonsumsi You C 1000 adalah tinggal di rumah kost sebanyak 73 persen. Pengeluaran perbulan yang diperoleh responden dari orang tuanya adalah Rp 500.000-Rp 700.000. Sumber informasi yang pertama kali responden mengetahui You C 1000 adalah iklan di televisi, dari informasi tersebut responden tertarik untuk membeli. Tempat yang paling sering responden lakukan untuk pembelian You C 1000 adalah pasar modern yaitu supermarket, minimarket. Indeks kepuasan konsumen secara keseluruhan yang berhasil dicapai produk You C 1000 sebesar 81,87 persen artinya perusahaan memuaskan 81,87 persen konsumen dari total pelanggannya. Hasil analisis dengan menggunakan IPA maka atribut yang harus diprioritaskan perbaikan kinerjanya adalah menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina. Atribut yang harus dipertahankan kinerjanya pada saat ini adalah atribut rasa, untuk kesehatan, komposisi produk, tidak ada efek samping, dapat diminum kapan saja, ketersediaan tanggal kadaluarsa produk, fungsi yang diterima dibanding harga, jaminan Halal dan izin Depkes produk. Atribut yang menjadi prioritas rendah meliputi aroma, menghilangkan dahaga, menambah tenaga, banyak diminum orang, layanan Informasi untuk mudah diakses, kandungan bahan pengawet, aroma yang diterima dibanding harga, rasa yang diterima dibanding harga, kepraktisan kemasan dibanding harga, direkomendasikan oleh kawan/keluarga. Rekomendasi pemasaran yang dapat dilakukan oleh PT Djojonegoro meliputi strategi produk, harga, promosi dan strategi tempat atau distribusi. Strategi produk dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi berupa riset lebih lanjut, memperbanyak ukuran volume produk, memperbanyak variasi aroma buah untuk pilihan variasi rasa yang beragam, dan tetap mempertahankan citra produk yang sangat baik dimata responden, sehingga image produk terhadap kualitas merek You C 1000 tetap terjaga. Strategi harga yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah mempertahankan harga yang di rasa pas dengan persepsi konsumen adalah Rp 4.000. Strategi promosi yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi sponsor kegiatan tertentu yang dapat meningkatkan citra positif perusahaan dilingkungan anak muda. Strategi tempat dan distribusi yaitu dengan meningkatkan kontinuitas ketersediaan produk, memperluas saluran distribusi, menjaga hubungan baik dengan pedangang pengecer, sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan para pedagang
Collections
- UT - Agribusiness [4251]