Analisis Strategi Manajemen Toserba Selama T Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ritel Dl Kabup Aten Cianjur
Abstract
Bisnis eceran di Indonesia mulai berkembang dengan berdirinya Sarinah Departemen Store pada tahun 1964 yang diikuti dengan berdirinya Gelael Sup:Jrmarket pad:! tabun 1969. Bisnis eceran semakin diramaikan dengan berdirinya departemen store, supermarket dan tempat-tempat perbelanjaan lain setelah munculnYll Sarinah dan Gelael. Bisni3 ecera.."l seperti ini kemudian dikenal dengah bisnis ecera.~ modem. Toserba SdaLUat roerupakan salah satu u~ yatlg Lergerak dihidang bisaLc:. ritet dalam bentuk pasar s'\valayan dan toko serba ada serta merupakan pe1alru bisois rite! besar pertama untuk wilayah Kabupaten Cianjur. Toserba SeJamat didirikan pada tahun 1989 sebagai toko kecil. Pada tabun 1997 Tosema Selamat melakukao perluasan tako sehingga penjualan mencapai Rp. 3.01 Milyar. Taboo 1998 penjualan hanya meningkat sebesar 16%, yaitu menjadi Rp 3.5 Milyar. Pacla tahun berikutnya penjuaian meningkat menjadi Rp. 5 Milya: atail naik sebesar 42%. Peningkatan penjualan sebesar 23% terjadi pada tahun 2000. Tetapi pada tahun 2001 peningkatan penjualan haoya sebesar 1\%, yaitu Rp. 6,879 Mi1yar. Pada tabun 2000 dan 2001 Toserba Selamat mengalami penurunan persentase peningkatan penjuaIan. padahal selama tabun tersebut pelUSahaan terus mela1.."Ukan perluasan usahe dengan menambah terus produk-produk yang dijual kepada konsumen. Persaingan usaha ritel yang semakin ketat, tentunya akan ruempengaruhi kinerja dan kesuksesan yaag telah didapat oleh Toserba Selama.t selama ini. Sehubungan dengau hal-hal yang telab dikemukakan diatas, maka permasa1ahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen Toserba Selamat menentukan strategi dalam menghadapi persaingan bisnis ritel di wilayah Cianjur agar tujuan dari perusahaan dapat dicapai.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]