Show simple item record

dc.contributor.advisorAdiratma, E. Roekasah
dc.contributor.authorHadi, Gempur Soesetyo
dc.date.accessioned2024-02-15T01:47:26Z
dc.date.available2024-02-15T01:47:26Z
dc.date.issued1991
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/138558
dc.description.abstractSumberdaya perairan laut terdiri dari berbagai jenis seperti ikan segar, kerang, mutiara, minyak bumi, udang, rumput laut dan lain-lain. Salah satu sumberdaya yang mempunyai nilai ekonomis cukup baik dan belum dimanfaatkan serta belum dikelola dengan sempurna rumput laut. Selanjutnya salah satu alasan yang laut banyak adalah kuat perlunya memperhatikan pemasaran rumput laut, adalah masih adanya kendala dalam pemasarannya antara lain menyangkut kontinuitas penyediaan bahan baku, kualitas dan pemasaran- nya. Hal ini secara tidak langsung kendala tersebut dapat mempengaruhi kemampuan lembaga tataniaga (CV. Eucheuma) untuk memenuhi permintaan luar negeri. Sesuai dengan uraian di atas tujuan penelitian ini adalah mempelajari pola hubungan pemasaran antara petani dan atau antar lembaga pemasaran, mempelajari sampai seberapa jauh hubungan antara variabel-variabel pemasaran terhadap keefisienan pemasaran, mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan luar negeri terutama kaitannya dengan penye- diaan bahan baku rumput laut. Dalam penelitian ini efisi- ensi pemasaran diukur berdasarkan marjin pemasaran sedangkan pengadaan bahan baku dihubungkan dengan pola hubungan pemasaran dan bagaimana kaitannya dengan model barang siap ekspor. Hasil antar penelitian menunjukkan pola hubungan pemasaran lembaga pemasaran berbeda pada tingkat yang lebih tinggi. Keadaan geografis cukup berpengaruh terhadap pan jang pendeknya saluran pemasaran rumput laut dan marjin pemasaran. Hubungan pemasaran langsung antara petani dengan eksportir dapat terjadi karena kendala alam (laut) teratasi, seperti hubungan antara petani Terore dan Seran- gan dengan CV. Eucheuma. Saluran pemasaran yang efisien belum tentu menjawab pemilihan saluran pemasaran bagi CV. Eucheuma karena masih adanya faktor berupa rendahnya kuantitas. Selain itu, marjin pemasaran atau biaya pema- saran yang besar tidak berarti bahwa saluran (IIb) tidak efisien karena harga jualnya juga lebih tinggi, tambahan lagi ada fungsi yang seharusnya dilakukan oleh eksportir dilakukan oleh pengepul…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcPengaruh pola pemasaran terhadap pengadaan bahan baku rumput laut (Studi kasus di CV. Eucheuma, Denpasar, Propinsi Bali)id
dc.titlePengaruh pola pemasaran terhadap pengadaan bahan baku rumput laut : (Studi kasus di CV. Eucheuma, Denpasar, Propinsi Bali)id
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record